Find Us On Social Media :

Tips Agar Kulit Sehat Pada Saat Berpuasa

By Wahyuni Sahara, Jumat, 3 Juni 2016 | 06:30 WIB

Tips Agar Kulit Sehat Pada Saat Berpuasa

Intisari-Online.com – Bulan Ramadhan telah tiba, itu artinya umat muslim akan berpuasa selama satu bulan penuh. Satu hal yang sering kita lupakan saat puasa adalah tidak merawat dan menjaga kondisi kulit. Akibatnya kulit akan mengering dan kusam ditambah lagi akibat paparan sinar matahari yang memperburuk keadaan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dan kusam selama puasa sebenarnya sangatlah mudah, selain tetap menggunakan produk kecantikan, sebaiknya kita juga memperhatikan empat hal ini:

1. Minum yang cukup

Menurut dr Radityo Anugrah, Sp.KK , kulit adalah salah satu bagian pertama yang mengalami masalah jika kita mnegalami dehidrasi. Selama puasa sebulan penuh, kita akan kekurangan mineral yang dibutuhkan oleh kulit.Untuk itu pada saat sahur dan berbuka puasa kita harus minum secukupnya. Namun harus dihindari minum dalam jumlah yang besar, karena hal ini membuat air terbuang secara sia-sia dan tidak bermanfaat dalam tubuh.

2. Vitamin

Konsumsi vitamin dengan batas normal. Pastikan kita mengkonsumsi vitamin A, C, dan E untuk menjaga kehalusan kulit pada saat berpuasa.

3. Nutrisi

Dengan mengkonsumsi makanan sehat pada saat puasa, nutrisi dalam tubuh akan tetap terjada sehingga dapat mengatasi permasalahn kulit yang kering dan kusam. Misalnya dengan mengkonsumi gandum utuh. Selenium yg terdapat dalam gandung dapat berfungsi untuk meregenarasi kulit kita.

4. Pelembab

Setelah mandi, jangan lupa untuk mengunakann pelembap. Karena pelembap berfungsi menahan air yang ada di kulit, air tidak mudah menguap atau hilang sehingga membantu mempertahankan kelembapan kulit.Gunakanlah pelembap selama kita terus membutuhkannya, karena penggunaan pelembab tidak menimbulkan masalah selama kandungan dalam pelembap yang kita gunakan baik dan cocok untuk jenis kulit kita. Misalnya pelembap dengan kandunga air yang lebih banyak.

Nah, itulah tips agar kulit kita tetap sehat selama berpuasa. Namun jangan lupa untuk terus memeriksakan kulit kita secara rutin kepada ahlinya, agar kulit kita tetap sehat.