Find Us On Social Media :

Mengapa 10 November Diperingati sebagai Hari Pahlawan? Ini Alasannya

By Khaerunisa, Selasa, 1 November 2022 | 19:30 WIB

Ilustrasi. Mengapa 10 November Diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Intisari-Online.com - Mengapa 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan?

Alasan mengapa 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan, tentunya karena ada sebuah peristiwa penting di tanggal tersebut.

10 November merupakan tanggal terjadinya Pertempuran Surabaya, sebuah pertempuran rakyat Indonesia melawan bangsa asing yang ingin kembali menguasai Indonesia.

Peristiwa tersebut terjadi pada awal kemerdekaan Indonesia, yaitu di tahun 1945.

Saat itu, Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya, namun rupanya sekutu yang ditunggani Netherlands Indies Civil Administration (NICA), melakukan penyerangan terhadap Indonesia di Surabaya.

Pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945 menjadi pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia.

Sehingga, kemudian peristiwa tersbut menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terjadap kolonialisme.

Perayaan Hari Pahlawan pada 10 November ditetapkan melalui Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno.

Kini, setiap tanggal 10 November masyarakat Indonesia memperingati hari pahlawan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Bagaimana sejarah Pertempuran Surabaya, sebuah peristiwa penting di balik ditetapkannya 10 November sebagai hari pahlawan?

Inilah latar belakang dan sejarah Pertempuran Surabaya.

Pertempuran Surabaya berawal dari peristiwa kedatangan pasukan sekutu pada 25 Oktober 1945.