Find Us On Social Media :

Empat Tips Berolahraga yang Benar Saat Puasa

By Okke Nuraini Oscar, Rabu, 8 Juni 2016 | 06:30 WIB

Empat Tips Berolahraga yang Benar Saat Puasa

Intisari-Online.com - Puasa bukan pantangan untuk tetap berolahraga. Namun, tentu perlu diperhatikan dalam beberapa hal mengingat kondisi tubuh selama berpuasa tak sama dengan di saat tidak puasa.Berikut adalah tips agar tetap bugar berolahraga saat puasa menurut dr. Handrawan Nadesul

1. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit- satu jam menjelang waktu berbuka. Alasannya begitu selesai berolahraga dapat langsung minum, kemudian kemungkinan kehabisan gula dalam darah bisa segera tergantikan saat berbuka. Dengan demikian risiko dehidrasi, dan pingsan oleh anjloknya gula darah, kecil kemungkinan sampai terjadi.

2. Cukup lakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jogging , threadmill, atau Yoga. Hindari  latihan beban yang dilakukan saat puasa karena akan menguras energi sehingga kurang tepat dilakukan.Selain tipe olahraganya, perlu dicatat pula formula FITT (frequency-intensity-time-type), yakni seberapa sering frekuensinya, seberapa berat, serta durasinya Tipe olahraga seperti yang telah disebutkan termasuk pada jenis olahraga low impact yang meraih zona aerobik 60%-80%. Bisa dilakukan 3-5 kali dalam seminggu, dan durasinya 30 menit.

3. Olahraga yang dilakukan mendekati waktu tidur sebaiknya dihindari. Hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat.

4. Olahraga yang baik dilakukan saat puasa yaitu olahraga di tempat yang sejuk. Jika olahraga dilakukan di area terbuka, lakukan di bawah pepohonan dan kawasan yang sejuk. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kelelahan dan rasa haus yang berlebih.