Find Us On Social Media :

Setengah Mati Bela Ukraina, NATO Ungkap Alasan Rusia Dilarang Menang Atas Ukraina

By Afif Khoirul M, Minggu, 30 Oktober 2022 | 07:25 WIB

Ilutrasi pasukan NATO

Intisari-online.com  - AS harus terus mendukung Ukraina karena kemenangan Rusia dalam konflik itu akan memberdayakan China, kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Rusia yang menang akan buruk bagi kita semua di Eropa dan Amerika Utara, di seluruh NATO.

Karena itu akan mengirim pesan kepada para pemimpin otoriter, tidak hanya Putin.

"Tetapi juga China, bahwa dengan menggunakan kekuatan militer yang brutal, mereka dapat mencapai tujuan mereka," kata Stoltenberg dalam sebuah wawancara dengan Politico, yang kutipannya diterbitkan pada hari Jumat.

"(Penting) bagi sekutu NATO untuk berdiri bersama dan untuk mengatasi konsekuensi dari kebangkitan China dan bahwa kami setuju, dan itulah yang kami lakukan," katanya.

Ini merujuk pada Beijing yang ditetapkan sebagai tantangan, ke blok di musim panas.

Pernyataan itu muncul setelah pemilihan paruh waktu di AS pada 8 November, di mana Partai Republik diharapkan membuat keuntungan yang signifikan dan merebut kembali kendali setidaknya satu kamar Kongres.

Sementara Demokrat telah bersatu dalam mendukung Ukraina, banyak Republikan, termasuk Pemimpin Minoritas DPR Kevin McCarthy.

Baru-baru ini mengindikasikan bahwa aliran bantuan ke Kiev mungkin mereda secara signifikan atau bahkan berhenti total setelah pemungutan suara.

Namun, kepala NATO mengatakan dia yakin "bahwa juga setelah paruh waktu, masih akan ada mayoritas yang jelas di Kongres, di DPR dan di Senat, untuk melanjutkan dukungan signifikan ke Ukraina."

"Bantuan Washington ke Kiev harus dipertahankan sebagian karena jika Presiden Rusia Vladimir Putin menang di Ukraina, itu akan menjadi malapetaka bagi Ukraina," tambahnya.

Menurut Stoltenberg, kehadiran militer AS dan Kanada yang berkelanjutan di Eropa, secara keseluruhan, penting untuk kekuatan dan kredibilitas ikatan transatlantik itu.