Find Us On Social Media :

Begini Cara Alami Mencegah dan Mengobati Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

By Ilham Pradipta M., Jumat, 24 Juni 2016 | 14:40 WIB

Begini Cara Alami Mencegah dan Mengobati Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

Intisari-Online.com – Kita tentu senantiasa tahu kalau sengatan matahari yang berlebihan dapat berakibat buruk untuk kesehatan. Salah satunya dapat membuat kulit terbakar. Umumnya, banyak orang menggunakan tabir surya untuk mengatasi hal itu. Nah, selain tabir surya, makanan-makanan tertentu juga dapat mencegah dan mengobati terbakarnya kulit akibat sinar matahari.

1. KentangEfek sinar matahari bisa kita lawan menggunakan kentang. Senyawa tepung kentang akan membantu memulihkan kulit dari sengatan matahari. Cara menggunakannya mudah saja. Potonglah kentang mentah hingga beberapa iris, lalu gosokan irisan itu pada area kulit yang terbakar.

2.Teh hijauTeh hijau tak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan saja. Catechin yang terkandung di dalamnya dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Lalu, asam tannic yang ada di dalam teh hijau dapat menenangkan kulit akibat terbakar sinar matahari.

Cara menggunakannya juga mudah. Untuk melindungi kulit dari radiasi matahari, minumlah dua cangkir teh hijau tiap harinya. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakanlah tabir surya untuk membantu melindungi kulit. Nah, untuk luka bakar akibat sengatan matahari, rendamlah dua kantong teh hijau dalam air dingin, lalu letakanlah kantong itu pada area yang terbakar.

3. DelimaDelima merupakan sumber asam ellagic. Menurut Department of Nutrition and Food Science di Texas A&M University, asam ini dapat membantu melindungi kulit kita dari UVA dan UVB yang dapat merusak sel kulit.

Untuk menggunakannya, cukup konsumsi buah delima selama musim panas. Buah ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang menjaga kulit dari sengatan matahari.

4. Stroberi dan blackberryKedua buah ini dapat mengurangi paparan dan mengobati kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Caranya, cobalah hancurkan beberapa stroberi atau blackberry yang telah matang. Setelah itu,  oleskan pada area kulit yang terbakar. Terakhir, bilaslah setelah beberapa menit.

5. Jambu bijiMengonsumsi makanan antioksidan dapat melindungi kulit kita dari sengatan matahari. Nah, jambu biji merupakan salah satu buah yang kaya antioksidan. Ia juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak. Kedua zat itulah yang bisa melindungi kulit kita. Caranya menggunakannya sangat mudah. Konsumsilah jambu biji beserta makanan kaya vitamin C lainnya.

(Rodalewellness.com/Leah Zerbe)