Find Us On Social Media :

Studi: Olahraga Membantu Tingkatkan Belajar dan Prestasi Anak

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 6 Juli 2016 | 07:00 WIB

Studi: Olahraga Membantu Tingkatkan Belajar dan Prestasi Anak

Intisari-Online.com - Sejumlah penelitian memang telah mengungkapkan bahwa olahraga memilik manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ternyata selain baik bagi kesehatan, olahraga juga dapat membantu meningkatkan belajar dan prestasi anak di sekolah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, mengungkapkan, aktivitas fisik atau olahraga dapat meningkatkan fungsi otak, kognisi, dan struktur otak, yang dapat membantu meningkatkan belajar dan prestasi akademik anak di sekolah.

Para peneliti yang terdiri atas 24 peneliti dari berbagai disiplin ilmu dari Eropa, Kanada, dan AS melakukan penelitian dengan melibatkan anak-anak yang berusia enam hingga 18 tahun.

Kemudian, para peneliti memberikan serangkaian tes berupa aktivitas, seperti menyelenggarakan liga olahraga untuk pemuda, bermain di luar ruangan, istirahat, dan kelas pendidikan jasmani.

Hasil penelitian menemukan, kegiatan fisik dapat membuat anak-anak beristirahat dari pekerjaan sekolah. Sementara itu, batas waktu berfungsi sebagai investasi yang baik untuk meningkatkan kinerja akademik.

Selain itu, para peneliti juga menemukan, batas waktu tunggal untuk melakukan latihan dengan intensitas sedang tidak hanya meningkatkan prestasi akademik, tetapi juga fungsi otak dan kognisi.

Manfaat tidak berhenti di situ saja. Olahraga juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak-anak, membantu mengembangkan keterampilan hidup, meningkatkan motivasi, dan meningkatkan harga diri.

Nah, jadi untuk Anda para orang tua jangan ragu untuk mengajak anak berolahraga.

(Techtimes.com)