Find Us On Social Media :

Beberapa Makanan yang Harus Dikonsumsi Selama Haid

By Monalisa Darwin D, Selasa, 12 Juli 2016 | 06:00 WIB

Beberapa Makanan yang Harus Dikonsumsi Selama Haid

Intisari-Online.com - Bagi sebagian wanita, mendapatkan haid memang sedikit mengganggu dan membuat tidak nyaman. Hal ini termasuk dikarenakan kram perut, kembung, suasana hati yang berubah-ubah. Yang perlu diketahui, yaitu beberapa makanan yang harus dikonsumsi selama haid berikut ini untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul:

1. Jeruk

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mendapatkan jumlah kalsium serta vitamin D yang lebih banyak, akan mengalami kurangnya gejala PMS. Ini dikarenakan kalsium mengurangi perasaan depresi dan cemas di otak, sedangkan vitamin D dapat mengatur enzim yang mengubah trippofan menjadi serotonin, yaitu neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati. Selain jeruk, kandungan ini dapat ditemukan di yoghurt, yang juga akan meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Selai almond

Selama haid, adalah penting untuk wanita mendapatkan cukup protein serta serat, yang akan menstabilkan gula darah, sehingga mengurangi keinginan untuk hal-hal buruk. Selai almond dapat dikonsumsi dengan beberapa buah segar, seperti pear.

3. Roti gandum

Roti gandum kaya akan manfaat kesehatan. Mereka sumber dari magnesium, yang baik untuk mengurangi ketegangan otot serta memiliki vitamin B dan E yang telah terbukti untuk melawan kelelahan serta depresi.

4. Kopi

Ketika merasa lelah dan kram perut, cobalah untuk mengonsumsi secangkir kopi, yang akan memberikan energi lebih untuk kembali bersemangat.

5. Teh

Bagi kita yang tidak suka atau tidak bisa minum kopi, chamomile juga dapat menjadi pilihan, dimana akan membantu meringankan kejang otot serta mengurangi ketegangan yang mengarah pada kecemasan dan perasaan mudah tersinggung. Teh jahe adalah salah satu pilihan yang tepat.

6. Kerang