Find Us On Social Media :

Bersepeda Dapat Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

By Esra Dopita M Sidauruk, Selasa, 19 Juli 2016 | 07:00 WIB

Bersepeda Dapat Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Southern Denmark, mengungkapkan, bersepeda dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 pada orang dewasa.

Penelitian kohort, yang dipimpin oleh Martin Rasmussen itu melibatkan sekitar 24.000 laki-laki dan 27.000 perempuan dengan usia 50 sampai 65 tahun. Kemudian, para peneliti menghubungkan antara aktivitas bersepeda dengan diabetes tipe 2, yang sudah diukur dalam Registry Diabetes Nasional Denmark.

Hasil penelitian menemukan, peserta yang rutin bersepeda memiliki peluang lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Bahkan, semakin banyak menghabiskan waktu bersepeda, semakin rendah risiko terkena diabetes tipe 2.

Para peneliti juga mengevaluasi kembali kebiasaan bersepeda para peserta kurang lebih sekitar lima tahun. Walhasil, mereka yang mulai bersepeda secara teratur mengalami penurunan risiko diabetes tipe 2 sebesar 20% dibandingkan mereka yang tidak.

Selain itu, para peneliti juga menemukan, faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi risiko diabetes pada peserta, seperti makanan, lingkar pinggang, riwayat merokok, konsumsi alkohol dan bentuk lain dari latihan.

Meski memasuki usia lanjut , para peneliti menyarankan kepada para peserta agar tetap melakukan aktivitas bersepeda demi mengurangi risiko diabetes tipe 2.

(Techtimes.com)