Find Us On Social Media :

Ini Dia, Enam Cara Sederhana Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit Jantung

By Ilham Pradipta M., Senin, 18 Juli 2016 | 15:30 WIB

Ini Dia, Enam Cara Sederhana Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit Jantung

Intisari-Online.com – Agar jantung tetap sehat, beragam cara dilakukan banyak orang untuk memujudkannya. Soalnya, perannya amat krusial bagi tubuh kita. Jadi, memang sudah seharusnya kita perlu memperhatikan organ yang satu ini, agar fungsinya tak terganggu. Nah, terdapat beberapa cara sederhana supaya terhindar dari pelagai penyakit jantung. Berikut selengkapnya:

1. OlahragaTak ada kata terlambat untuk memulai olahraga. Banyak jenis olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan dan meminimalkan penyakit jantung. Yang paling sederhana adalah berjalan.

Berjalan 20 hingga 30 menit dua atau tiga kali perminggu, dapat membantu kita  untuk menurunkan berat badan, tekanan darah, gula darah dah kolestrol. Selain berjalan, kita juga bisa memlih olahraga angkat beban sebagai alternatif lain. Tapi, cobalah untuk mengangaat beban yang relatif ringan.

2. Kurangi stresStres kronis bisa menyebabkan kelenjar adrenal untuk mengeluarkan hormon adrenalin. Imbasnya, tekanan darah kita akan meningkat dan jantung berdetak lebih cepat.

Selain itu, stres juga juga bisa meningkatkan pelepasan gula ke dalam aliran darah kita. Jadi, lakukanlah hal-hal yang bisa membut kita terhindar dari stres. Cara yang paling mudah adalah dengan latihan fisik ringan di pagi hari.

3. Mengonsumsi makanan sehatKesehatan kita sangat bergantung dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Nah, agar terhindar dari berbagai penyakit jantung, cobalah utamakan mengonsumsi kacang-kacangan, sayuran, buah, biji-bijian. Di samping itu, kita juga perlu mengurangi konsumsi lemak jenuh, garam, gula, dan makanan olahan.

4. Jaga berat badanObesitas dapat memicu berbagai penyakit jantung. Dengan mempertahankan berat badan ideal, kita bisa menurunkan risiko penyakit jantung 35 hingga 45 persen.

5. Pertimbangkan aspirinObat memang dapat memberikan kesembuhan pada tubuh kita. Tapi, jangan lupa kalau obat juga memiliki efek samping. Nah, bagi kita yang memiliki penyakit liver, cobalah hindari untuk mengonsumsi aspirin.

6. Tidak atau berhenti merokokPerokok memiliki risiko dua hingga enak kali lipat untuk mengalami serangan jantung. Bagi kita yang ingin berhenti mereokok, terdapat cara sederhana untuk melakukannya.

Penelitian terbaru menunjukkan kalau omega-3 mungkin bisa menjadi ‘senjata’ rahasia untuk berhenti merokok. Omega-3 juga bisa menghentikan kebiasaan ini bagi perokok yang tidak terlalu aktif. 

(Rodalewellness.com/Mache Seibel)