Find Us On Social Media :

Menstimulasi Otak Bayi Bukan Hanya Musik Klasik!

By Rafael Ryandika, Rabu, 27 Juli 2016 | 06:30 WIB

Menstimulasi Otak Bayi Bukan Hanya Musik Klasik!

Intisari-Online.com – Bagi perempuan yang sedang mengandung, mendengarkan musik secara teratur merupakan hal yang disaranan oleh para ahli. Jenis musik yang biasanya disarankan yakni musik klasik, terutama Mozart. Namun sebenarnya, tidak hanya musik klasik yang perlu didengarkan oleh wanita hamil.

Mengutip dari kompas.com, tujuan dari mendengarkan musik yakni membangun keterampilan motorik dan kognitif janin agar menjadi lebih baik, karena musik menjadi stimulasi bagi perkembangan jumlah sel dan percabangan sel-sel otak ketika sang bayi lahir.

Namun disamping itu, sejatinya musik pun menjadi peredam stres bagi calon ibu. Masalahnya adalah, bagaimana bila calon ibu tidak menyukai musik klasik?

Menurut dokter spesialis anak dari EKA Hospital BSD City, sebenarnya yang lebih penting adalah memilih musik yang dapat membuat calon ibu happy, sehingga dapat menembus neurotransmitter.

Neurotransmitter merupakan zat yang dapat mengaktifkan sinaps (hubungan antarsel otak), dimana semakin banyak sinaps berarti semakin kompleks kemampuan otak. Maka analoginya, jika Anda (calon ibu) senang, stimulasi sel- sel janin pun semakin baik.