Find Us On Social Media :

Mengenal Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan

By Rafael Ryandika, Selasa, 9 Agustus 2016 | 09:00 WIB

Mengenal Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan

Intisari-Online.com – Di Indoensia, daging sapi kerap menjadi menu makanan yang disajikan saat hari-hari penting seperti ulang tahun ataupun hari raya keagamaan seperti Idul Adha. Selain karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak di lidah, daging sapi ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Berikut kandungan yang terdapat dalam daging sapi dan berguna untuk kesehatan:

1. Protein

Salah satu kandungan gizi dalam sapi yang bermanfaat untuk kesehatan yakni protein. Kandungan protein dalam sapi termasuk dalam protein hewani. Protein jenis ini dapat membantu dengan sangat baik perkembangan otak pada anak. Selain itu, protein hewani juga membentuk massa otot, sehingga dapat menambah berat badan kita.

2. Zat Besi

Daging sapi memiliki kandungan zat besi yang sangat besar. Tanpa zat besi, tubuh kita tidak mampu memproduksi sel-sel darah merah secara optimal. Maka, kekurangan zat besi dapat menyebabkan penyakit anemia, yakni keadaan dimana penderita akan merasa sangat lemas dan lesu. Tak heran bila penderita anemia disarankan untuk mengonsumsi daging sapi untuk pemulihannya.

Selain itu, zat besi juga berfungsi sebagai daya tahan tubuh. Karena, zat besi mampu meningkatkan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

3. Vitamin B Kompleks

Konsentrasi dan kemampuan daya ingat seringkali menjadi masalah tersendiri untuk kita. Nah, kandungan vitamin B kompleks dalam daging sapi ini menjadi solusi utama untuk mengatasi hal tersebut. Karena menurut ahli gizi, vitamin B kompleks ini dapat mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat (otak), sehingga mampu bekerja secara maksimal.

4. Selenium dan Zinc

Hampir sama seperti zat besi, selenium dan zinc bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh kita. Jika sistem imun dalam tubuh meningkat, secara bersamaan tubuh kita pun akan sulit terkena penyakit.

Untuk laki-laki, kandungan zinc pada daging sapi juga sangat baik untuk meningkatkan jumlah sel sperma dan mencegah kerusakan pada organ reproduksi Anda.