Find Us On Social Media :

Ini Dia, Tiga Penyakit yang Bisa Kita Ketahui dari Kesehatan Mulut dan Gigi Kita

By Ilham Pradipta M., Kamis, 11 Agustus 2016 | 08:30 WIB

Ini Dia, Tiga Penyakit yang Bisa Kita Ketahui dari Kesehatan Mulut dan Gigi Kita

Intisari-Online.com – Beberapa penyakit biasanya bisa kita ketahui dari tanda-tanda yang muncul pada tubuh. Misalnya, alergi yang ditandai oleh munculnya beragam tanda pada kulit. Seperti gatal, bentol, hingga kulit memerah. Selain kulit, mulut ternyata juga bisa memberitahu tentang masalah kesehatan yang kita alami. Penasaran? Berikut selengkapnya.

1. Diabetes, gigi berongga secara tiba-tibaKatakanlah kalau selama ini kita hidup tanpa rongga di bagian gigi. Tapi, pada check up yang rutin kita lakukan dua kali dalam setahun, dokter gigi kita menemukan adanya rongga gigi. Padahal, kita tak ‘kecanduan’ soda atau sedang meminum obat-obat tertentu.

Nah, hal itu bisa menandai kalau kita menderita diabetes. Sebab pembusukan gigi yang menyebabkannya berongga, bisa menjadi tanda kalau tubuh mengalami kesulitan untuk mengelola glukosa. Ketika ini terjadi, air liur bisa mengandung banyak gula dan memicu pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Namun, menurut Betty Haberkamp, DDS, dokter gigi pada Cleveland Clinic, rongga gigi tidak hanya efek samping dari diabetes. “Penyakit gusi hingga mulut kering juga bisa menandainya,” ujarnya

2. Gingivitis, gusi berdarah saat menyikat gigiDarah di wastafel bisa menunjukkan kalau telah terjadi peradangan di jaringan gusi kita. Biasanya, hal itu disebabkan oleh penumpukan plak sepanjang garis gusi.

Gingivitis ini (peradangan gusi) bisa menyebabkan hal yang lebih serius. Seperti periodontitis, misalnya. Yaitu, kondisi gusi yang surut dari gigi dan menyebabkan infeksi. American Heart Journal mengatakan, orang dengan periodontitis lebih mungkin untuk memiliki penyakit jantung.

3. Oral thrush, bintik-bintik putih pada lidahBila terdapat bintik-bintik putih pada lidah kita, bisa jadi kita menderita oral thrush. Penyakit ini disebabkan dari pertumbuhan jamur candida yang berlebih.

Penyakit ini bukan jenis penyakit yang umum. Tapi, orang dengan diabetes, mulut kering, atau sistem kekebalah tubuh yang buruk, cenderung berisiko untuk terserang penyakit ini. Oral thrush biasanya juga ditandai dengan kesulitan menelan bagi penderitanya.  

(Health.com/Maria Masters)