Find Us On Social Media :

'Ngidam', Salah Satu Gejala Anemia yang Sering Kita Abaikan

By Ilham Pradipta M., Jumat, 12 Agustus 2016 | 11:00 WIB

'Ngidam', Salah Satu Gejala Anemia yang Sering Kita Abaikan

Intisari-Online.com – Kita tentu tahu kalau anemia disebabkan karena kurangnya asupan zat besi dan vitamin B12 dalam tubuh. Untuk sebagian orang, ada juga yang secara genetik ‘mewarisi’ talasemia. Yakni, kondisi tubuh yang kesulitan untuk memproduksi sel darah merah. Bisa juga bagian tertentu dari sel darah merah. Nah, lalu apa saja sih tanda anemia yang kerap kita abaikan?

1. Sesak napas dan sering pusing. Tanpa zat besi dan vitamin B12 yang cukup, tubuh tidak bisa menghasilkan cukup hemoglobin. Padahal, hemoglobin ini penting bagi fungsi sel-sel darah merah. Hemoglobin yang kaya akan zat besi, memungkinkan oksigen mengikat sel-sel darah dan membawanya dalam aliran darah ke seluruh tubuh.

Nah, ketika kita kekurangan hemoglobin, beberapa bagian tubuh tak bisa menerima oksigen yang mereka butuhkan. Hasilnya, kita akan mudah sesak napas atau merasa pusing karena oksigen yang begitu sedikit di kepala kita.

2. Merasa selalu lelah. “Kelelahan adalah salah satu gejala yang dominan,” ujar Andrew Artz, MD, dari University of Chicago Associate Professor of Medicine. Kelelahan itu disebabkan karena proses yang sama seperti sesak napas dan pusing. Soalnya, tubuh tak memiliki cukup hemoglobin dan peredaran oksigen yang tidak merata ke seluruh tubuh.

3. Kulit menjadi pucat. Jangah harap bagian terbesar dari tubuh kita (kulit) tetap terlihat sehat kalau kita kekurangan sel darah merah. Tanpa dukungan dari zat besi dan vitamin B12, pasokan darah ke bagian kulit akan makin sedikit. Alhasil, membuat warna kulit menjadi pucat, bahkan tampak menguning.

4. Sakit di bagian dada. Bila hanya sedikit sel darah merah yang beredar, jantung harus bekerja lebih keras untuk memindahkannya ke seluruh bagian tubuh. Akibatnya, detak jantung akan lebih cepat dan membuat ketegangan di bagian dada. Nah, hal inilah yang bisa membuat dada kita terasa nyeri.

5. Ngidam es batu. Salah satu gejala yang tidak biasa dari anemia adalah pica. Dalam dunia kedokteran, pica merupakan keinginan memakan makanan tertentu. Pica menimbulkan selera abnormal seperti yang dijumpai pada wanita yang sedang hamil. Jadi, bisa disebut juga sebagai ngidam.

Nah, umumnya orang-orang ini amat menginginkan es batu. Selain itu ada juga yang menginginkan permen, baking soda, atau makanan lainnya. Menariknya, dokter dan peneliti masih tak mengetahui mengapa penderita anemia mendambakan hal-hal tersebut. Namun, Artz mengatakan kalau ini adalah gejala umum dari penderita anemia. 

(Rd.com/Clare Varellas)