Find Us On Social Media :

Ini Dia, Lima Cara Sederhana untuk Terhindar dari Kanker Payudara

By Ilham Pradipta M., Selasa, 23 Agustus 2016 | 14:00 WIB

Ini Dia, Lima Cara Sederhana untuk Terhindar dari Kanker Payudara

Intisari-Online.com – Kanker payudara telah menjadi suatu penyakit yang menghantui kaum wanita sejak lama. Jika tak terdeteksi dan ditangani sejak dini, penyakit ini relatif lebih sulit untuk disembuhkan. Tapi sebenarnya, kalau kita memiliki gaya hidup sehat, mudah saja agar terhindar dari kanker payudara. Nah, berikut ini adalah lima cara sederhana untuk mencegahnya.

1. Batasi konsumsi alkoholTahukah Anda kalau alkohol yang dikonsumsi dalam jumlah kecil, juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara? Kebanyakan dokter merekomendasikan agar kita mengurangi konsumsi berbagai minuman beralkohol agar terhindar dari penyakit ini.

 Saran para dokter juga diperkuat dengan sebuah studi yang menunjukkan, minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko pertumbuhan tumor dan kanker payudara.

2. Olahraga rutinOlahraga termasuk salah satu cara jitu agar kita terhidar dari kanker payudara. Sebenarnya tak butuh waktu lama untuk melakukannya. Minimal berjalan santai 20 menit tiap harinya. Berjalan santai memang baik untuk tubuh kita, tapi alangkah lebih baik bila kita melakukan jenis olahraga yang sedikit lebih berat.

Menurut para ahli, olahraga benar-benar membantu jantung kita agar tetap sehat. Sekaligus memotong risiko terserang kanker.

3. Menjaga berat badanPenelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas (terutama setelah menopause) dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Studi dari University of Texas M.D. Anderson Cancer Center di Houston mengatakan, wanita yang kelebihan berat badan lebih mudah terserang kanker payudara dibandingkan mereka yang memiliki bobot ideal. Selain itu, wanita dengan obesitas juga berisko teserang berbagai penyakit agresif lainnya.

4. Tes medisAkan lebih baik bila kita memastikan untuk melakukan tes medis payudara tiap bulannya. Tes ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya benjolan yang menjadi tanda umum dari kanker payudara. Dengan begitu, kita akan lebih mengentahui perubahan yang terjadi dalam tubuh kita, terutama bagian payudara.

5. Tes mammogramMengetahui adanya pertumbuhan tumor sejak dini dapat meningkatkan kesempatan kita untuk bertahan hidup secara signifikan. Nah, untuk mengetahuinya cara mudah kok. Kita hanya perlu melakukan tes mammogram setelah usia 40 tahun. Lalu, rutinlah melakukan tes ini tiap tahunnya. 

(Health.com/Lorie Parch)