Find Us On Social Media :

Ini Dia, Lima Obat Rumahan yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

By Ilham Pradipta M., Jumat, 26 Agustus 2016 | 06:30 WIB

Ini Dia, Lima Obat Rumahan yang Bisa Meredakan Sakit Kepala

Intisari-Online.com – Tak jarang sakit kepala membuat aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Untuk mengobatinya, kebanyakan orang akan memimum obat. Baik obat yang dijual bebas, maupun dengan resep dokter. Padahal, meminum obat bukan satu-satunya cara untuk meredakan sakit kepala. Sebenarnya, ada juga loh terapi alami yang bisa kita lakukan dirumah untuk mengobati sakit kepala.

1. Minyak levendelLavendel tak hanya terkenal dengan baunya yang harum. Tapi, minyak ini juga berguna sebagai obat rumahan untuk meredakan sakit kepala atau migrain. Caranya menggunakannya juga mudah. Kita hanya perlu menghirup uap dari dua atau tiga cangkir air mendidih, yang telah diteteskan dua sampai empat tetes minyak lavendel.

2. Minyak peppermintPeppermint adalah obat rumahan yang bisa meredakan sakit kepala. Minyak berbau segar ini memiliki sifat vaso-constricting dan vaso-dilating, yang mebantu untuk mengontrol aliran darah dalam tubuh kita.

Sebelumnya, sakit kepala seperti migrain sering disebabkan karena aliran darah yang buruk dalam tubuh. Nah, minyak peppermint membantu kita untuk membuka dan menutup pembuluh darah, yang berfungsi sebagai jalur darah dalam tubuh.  

3. Minyak basilMinyak yang berasal dari tumbuhan kemangi ini juga bisa meredakan sakit kepala. Basil bekerja dengan cara merelaksasi otot.  Sehingga amat membantu kita untuk meredakan sakit kepala karena  otot-otot yang menegang.

4. Memperbaiki pola makanSalah satu obat rumahan yang paling berguna untuk mengurangi sakit kepala adalah perubahan pola makan. Sebab, makanan tertentu dapat mempengaruhi frekuesni dan tingkat keparahan sakit kepala.

Contohnya seperti susu, cokelat, selai kacang, alpukat, pisang, jeruk, daging merah dengan nitrat, atau asam amino yang terkandung di dalam anggur merah. Jadi, catatlah selalu makanan pemicu sakit kepala ini di buku harian makanan Anda. Tujuannya, agar kita bisa mengetahui seberapa sering kita mengonsumsinya.

5. PijatInilah cara termudah yang bisa kita lakukan untuk meredakan sakit kepala. Memijat kulit kepala menjadi cara yang efektif untuk meringankan migrain. Penelitian dari Brazil menunjukkan, memijat saraf oksipital (di daerah belakang kepala, di dasar tengkorak) dapat mengurangi sakit karena migrain.

Pijat secara umum telah dikenal sebagai obat rumahan yang berguna untuk sakit kepala. Terutama pijat refleksi pada titik-titik tertentu di bagian tangan dan kaki. (Everydayhealth.com/Sara Calabro)