Find Us On Social Media :

Bukti Baru, Gendongan Bayi Ternyata Sudah Digunakan 10.000 Tahun Lalu!

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 28 September 2022 | 11:15 WIB

Gendongan bayi sudah ada sejak 10.000 tahun lalu.

Intisari-Online.com – Untuk memudahkan seorang ibu bergerak, maka bayi digendong dengan menggunakan kain atau gendongan bayi yang sekarang bentuknya bermacam-macam.

Cukup logis, dalam sejarah paling awal, manusia tentunya membutuhkan sesuatu untuk membawa bayi mereka saat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Namun, hanya ada sedikit bukti kuat tentang hal tersebut, karena tidak ada kain gendongan bayi yang terlihat dalam penggalian arkeologi.

Juga, sangat sedikit penguburan bayi prasejarah, meski ada yang menduga bahwa praktik itu benar-benar terjadi.

Penelitian baru oleh tim ilmuwan Universite de Montreal berpendapat untuk bukti gendongan bayi telah ada sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Ini menyoroti bagaimana anak-anak dirawat di zaman prasejarah dan bagaimana mereka terhubung secara sosial dengan komunitas mereka.

Penelitian dipimpin oleh Claudine Gravel-Miguel, antropolog Arizone State  University (ASU) yang sekarang bekerja sebagai peneliti tamu di lap profesor antropologi UdeM Julien Riel-Salvatore.

Tim menggabungkan metode analisis inovatif untuk mengekstrak informasi yang sulit diperoleh tentang cangkang berlubang manik-manik yang ditemukan di pemakaman bayi perempuan berusia 40 hingga 50 hari, yang dijuluki Neve, di situs gua Arma Veirana, di Liguria, Italia.

Temuan tim itu diterbitkan dalam Journal of Archaeological Method and Theory.

Dalam penelitian mereka, Gravel-Miguel dan rekan-rekannya menjelaskan bagaimana mereka menggunakan model fotogrametri 3D definisi tinggi dari penguburan yang dikombinasikan dengan pengamatan mikroskopis dan analisis microCT scan dari manik-manik.

Hal itu dilakukan untuk mendokumentasikan secara rinci bagaimana penguburan terjadi dan bagaimana manik-manik itu terbentuk, kemudian digunakan Neve dan komunitasnya, apakah dalam hidup atau mati.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manik-manik itu dijahit pada potongan kulit atau kain yang digunakan untuk membungkus Neve untuk penguburannya.