Find Us On Social Media :

Bagaimana Bangsa Israel Kuno Terbentuk? Mereka Pernah Hidup di 'Tempat Mengerikan' Saat Menuju Kanaan 3200 Tahun Lalu, Sangat Tidak Ramah Kehidupan

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 20 September 2022 | 16:48 WIB

(Ilustrasi) Suku Israel

Intisari-Online.com - Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana bangsa Israel kuno terbentuk?

Atau apakah orang Israel adalah penduduk asli dari Kanaan?

Apakah bangsa Israel awal mencapai Kanaan dari hutan belantara timur dengan menyeberangi Sungai Yordan di seberang Yerikho, seperti yang dikatakan dalam Kitab Yosua?

Tidak ada bukti arkeologis yang pernah ditemukan tentang migrasi orang Israel dari hutan belantara Sinai melalui Lembah Yordan ke tanah subur Kanaan, seperti yang dijelaskan dalam Alkitab.

Juga tidak ada bukti pertempuran sengit yang dikatakan orang Israel, seperti yang dijelaskan oleh Nabi Yosua, dengan penduduk setempat, baik di Yerikho atau di tempat lain.

Tidak aneh bahwa orang yang bermigrasi tidak akan meninggalkan bukti.

Namun, para arkeolog telah reruntuhan aneh yang sebelumnya ditemukan di bagian-bagian Lembah Jordan.

Berharap membuktikan atau membantah teori yang disarankan oleh almarhum arkeolog Prof. Adam Zertal dari Universitas Haifa: Bahwa struktur batu yang ditemukan di sana dibangun oleh orang Israel kuno sebagai reruntuhan selama mereka perlahan-lahan menyeberang ke Kanaan 3.200 tahun yang lalu.

Menariknya, jika orang Israel memang membangun struktur ini, mereka mungkin melakukannya bukan untuk melindungi diri sendiri tetapi ternak mereka.

Struktur yang Anehnya Kosong