Find Us On Social Media :

Inilah Serangan Hiu Paling Mematikan dalam Sejarah, Termasuk Selama Perang Dunia Kedua Saat Terjadi Kesalahan Penyelamatan Angkatan Laut AS

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 17 September 2022 | 15:05 WIB

Serangan hiu paling mematikan dalam sejarah.

Intisari-Online.com – Siapa pun yang bermain-main di pantai bahkan laut, pasti memiliki ketakutan bila kemungkinan serangan hiu keluar dari air dan menyerang mereka.

Kenyataannya, pada tahun 2019, 140 serangan hiu tercatat di seluruh dunia, dengan jumlah terendah 36 serangan hiu pada tahun 2018.

Ini berarti Anda memiliki kemungkinan 10 hingga 55 kali lebih besar untuk terluka dan terbunuh oleh sambaran petir daripada hiu.

Tetapi, karena angka itu, bukan berarti kita harus mempermainkan binatang buat itu.

Meski kebanyakan jinak, hiu biasanya menyerang ketika terprovokasi, seperti yang terlihat dalam statistik dengan 64 dari 140 serangna hiu pada tahun 2019 merupakan hasil dari provokasi oleh manusia.

Meski begitu, ada kalanya hiu menyerang meski tidak diprovokasi, seperti terlihat dalam kisah USS Indianapolis dan 1197 awaknya.

Berikut ini serangan hiu paling mematikan sepanjang sejarah.

Teater Pasifik

Serangan Jepang ke Pearl Harbor pada 7 Desember 1941, membuat Amerika Serikat memasuki perang melawan Fasisme.

Selama keterlibatan mereka dalam Perang Dunia II, Amerika Serikat memulai kampanye untuk mendapatkan kembali kendali atas tanah di Pasifik yang diambil alih oleh Jepang.

Pertempuran ini dikenal sebagai Pertempuran di Teater Pasifik, yang sangat brutal bagi kedua belah pihak, dengan ribuan orang kehilangan nyawa dari kedua negara itu.

Menurut Departemen Angkatan Darat Amerika Serikat, antara pertempuran laut, darat, dan udara, sekitar 161.000 orang Amerika kehilangan nyawa mereka.