Find Us On Social Media :

Berusia 2.600 Tahun, Blok Keju Putih Ini Ditemukan di Saqqara Necropolis Giza, Mesir, dalam Tembikar Kuno Berasal dari Dinasti ke-26 Mesir Kuno

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 17 September 2022 | 12:20 WIB

Keju putih yang ditemukan dalam tembikar kuno di situs Saqqara Necropolis, Mesir.

Intisari-Online.com – Ketika menggali di Saqqara Necropolis Giza, para arkeolog membuat penemuan yang mengejutkan.

Tim arkeolog Mesir yang dipimpin oleh Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderan Dewan Tertinggi Antiquities Mesir, menggali tembikar kuno yang berasal dari Dinasti ke-26 Mesir Kuno (664-525 SM).

Di dalam tembikar itu, para arkeolog menemukan keju putih yang berusia 2.600 tahun!

Pos-pos kuno bertuliskan naskah demotik, tulisan Mesir Kuno juga ditemukan di Dekrit Kerajaan Batu Rosetta.

Perlu diketahui, lempengan basal hitam yang dikenal sebagai Batu Rosetta ditemukan oleh perwira artileri Prancis Boussard selama Kampanye Mesir Napoleon Bonaparte tahun 1799 dan membantu menyelesaikan teka-teki hieroglif Mesir.

Waziri menjelaskan orang Mesir Kuno yang disebut Keju Putih ‘Haram’, selama masa Koptik berubah menjadi kata ‘Hlloum’ dan sekarang dikenal sebagai ‘Keju Halloum’.

Melansir dari kantor berita Bahrain, penggalian itu akan diselesaikan untuk mengungkapkan lebih banyak harga di bidang ini.

Misi Antiquities Mesir memulai pekerjaannya di situs itu sejak 2018, dan selama lima musim penggalian terakhir, mereka berhasil menemukan makam unik dari The Uniar Imam Dinasti Kelima ‘Wahi’.

Juga 7 makam batu, termasuk tiga makam dari Kerajaan Baru dan empat makam dari Kerajaan Lama, dan fasad makam dari Negara kuno, di samping penemuan lebih banyak lagi dari seribu jimat faience, lusinan patung kucing kayu, mumi kucing, patung kayu, dan mumi binatang.

Pada tahun 2020, dia mengungkapkan lebih dari 100 sarkofagi kayu tertutup dalam kondisi pertama mereka dari era terakhir di dalam sumur pemakaman, 40 patung dewa Pemakaman Saqqara, Ptah Suker dengan bagian-bagian berlapis emas, dan 20 kotak kayu dari dewa Horus.

Penemuan ini diklasifikasikan sebagai salah satu dari sepuluh penemuan arkeologis paling penting untuk tahun 2020 dan yang paling menarik, menurut American Archaeological Journal.

Baca Juga: Kuil Unik yang Dibangun Bahkan Diukir atas Perintah Raja untuk Hormati Istrinya, Inilah Kuil Nefertari di Abu Simbel, Perlihatkan Pentingnya Sang Ratu bagi Ramses II yang Agung