Find Us On Social Media :

Kisah Ruth Asawa, Seniman yang Ciptakan Patung-patungnya dengan Karya Inovatif dan Abstrak dengan Keunikan Materi Pembuatannya, Terinspirasi Alam dan Orang-orang di Sekitarnya

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 17 September 2022 | 11:00 WIB

Ruth Asawa, saat membuat patung dengan kawat melingkarnya.

Intisari-Online.com – Inilah cara sang seniman, Ruth Asawa membuat karya-karya inovatif dan abstrak yang menunjukkan keunikan materinya, dia menciptakan patung-patung yang rumit dan mempesona.

Ruth Asawa lahir pada tahun 1926 di California.

Orangtuanya adalah imigran dari Jepang yang bekerja sebagai petani truk.

Saat melakukan tugas di pertanian, Asawa sering melamun atau menggambar bentuk di pasir dengan kakinya sambil duduk di belakang alat penyamarataan yang ditarik kuda.

Dia memperhatikan bahwa bentuk yang digambarnya di masa kecil mirip dengan patung yang akan dibuatnya bertahun-tahun kemudian.

Karya-karyanya terinspirasi oleh alam dan orang-orang di sekitarnya yang sering mendukung penciptaan patung-patungnya yang mempesona.

Demikianlah cara Asawa menciptakannya.

Bila Anda berselancar di internet mencari nama Ruth Asawa, maka gambar pertama yang muncul adalah pahatan kawat melingkar dari sang seniman.

Karya-karyanya yang dibuat dengan kawat adalah yang menjadikannya seniman terkenal.

Dia mulai membuat patung kawat melingkar di awal kariernya.

Mereka telah menjadi subjek dari beberapa pamerannya sejak saat itu.

Terlepas  dari kenyataan bahwa beberapa orang dari dunia seni pada awalnya tidak menerima patung-patung karyanya, namun karya-karya Asawa semakin populer setelah ditampilkan di sampul majalah terkenal seperti Vogue pada tahun 1953.