Find Us On Social Media :

Catat! Inilah Contoh Pengamalan Sila ke-5 di Rumah, Sudah Dilakukan?

By Khaerunisa, Rabu, 7 September 2022 | 18:40 WIB

Ilustrasi. Pengamalan Sila ke-5 Pancasila.

Intisari-Online.com - Inilah contoh pengamalan sila ke-5 di rumah.

Setiap sila-sila Pancasila menjadi pedoman hidup Bangsa Indonesia dalam berbagai bidang.

Pancasila juga sudah seharusnya menjadi pedoman bermasyarakat, termasuk di lingkungan rumah.

Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, artinya Pancasila dijadikan pedoman dan prinsip dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan nilai mendasar untuk dijadikan pedoman peraturan atau dasar norma di Indonesia.

Menurut Eka Periaman Zai dalam buku Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara (2020), Pancasila sebagai pandangan hidup berarti Pancasila merupakan prinsip dasar kehidupan masyarakat Indonesia.

Pancasila sebagai pandangan hidup sering pula disebut way of life, pegangan hidup, pedoman hidup, pandangan dunia, atau petunjuk hidup.

Meski ada banyak istilah, namun pada dasarnya bermakna sama, yaitu Pancasila digunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari, baik dari segi sikap maupun perilaku yang harus dijiwai.

Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila merupakan hasil kristalisasi dari berbagai pengalaman hidup dalam sejarah bangsa Indonesia.

Untuk mengetahui bagaimana pengamalan sila ke-5 Pancasila, tentunya kita harus tahu apa nilai-nilai yang terkandung dalam sila ini.

Adapun sila ke-5, yang berbunyi "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia," mengandung makna bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah tercapainya masyarakat adil dan makmur secara lahir dan batin.

Berdasarkan Tap MPR Nomor I/MPR/2003, berikut butir-butir nilai dalam sila kelima Pancasila: