Find Us On Social Media :

Terungkap Senjata Milik Para Ninja sebelum Keshogunan Berkuasa, Usianya Mencapai 430 Tahun dan Dipakai saat Panglima Perang Jepang Berebut Kekuasaan

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 30 Agustus 2022 | 08:00 WIB

(Ilustrasi) Senjata Milik Para Ninja

Intisari-Online.com - Pada awal tahun, artefak yang telah ditemukan di Jepang telah diidentifikasi sebagai senjata milik para ninja.

Artefak milik ninja yang ditemukan, termasuk 'batu lempar datar' dan 'caltrop tanah liat.'

Melansir Live Science, Selasa (15/2/2022), para arkeolog menggali artefak antara tahun 1960 dan 2010 di beberapa situs Jepang, termasuk dua kastil, yakni Iwatsuki dan Hachioji.

Artefak tersebut kemungkinan berasal dari tahun 1590 saat terjadi Pengepungan Odawara.

Dalam pengepungan ini, klan Toyotomi dan Tokugawa mengalahkan klan Hojo, yang telah menguasai sebagian besar Jepang, dan merebut kedua kastil.

Pengepungan terjadi selama periode Sengoku (1467-1615), saat Jepang dibagi antara beberapa panglima perang yang berjuang untuk kekuasaan. 

Pada waktu itu, para ninja bertugas sebagai mata-mata dan tukang sabotase yang turut ambil bagian dalam pengepungan.

Iwata Akihiro, seorang arkeolog dan kurator di Museum Sejarah mengungkap bahwa kedua senjata tersebut kemungkinan besar adalah milik para ninja.

Lebih jauh, senjata-senjata tersebut rupanya dibuat dengan tergesagesa sebelum pertempuran terjadi.

Meski dibuat dengan tergesa-gesa, namun senjata tersebut efektif digunakan.

'Batu lempar datar' digunakan untuk menghentikan pergerakan musuh, saat musuh terdiam, maka prajurit ninja bisa punya waktu untuk melarikan diri.