Find Us On Social Media :

Bak Percuma, Gelontoran Bantuan Senjata AS untuk Ukraina di Hari Kemerdekaannya Tak Bisa Digunakan untuk Melawan Rusia Sekarang, Ini Alasannya

By Tatik Ariyani, Kamis, 25 Agustus 2022 | 11:57 WIB

(Ilustrasi) Presiden AS Joe Biden

Intisari-Online.com - Rabu (24/8/2022), Ukraina memperingati hari kemerdekaannya dari Uni Soviet 31 tahun lalu.

Pada saat yang sama, invasi Rusia ke Ukraina genap berlangsung selama enam bulan sejak dimulai pada 24 Februari.

Perayaan hari kemerdekaan Ukraina ke-31 kali ini bertepatan dengan enam bulan invasi Rusia dan akan ditandai dengan perayaan di bawah ancaman serangan.

Meski demikian, Amerika Serikat (AS) berkomitmen untuk memberikan bantuan kemanan untuk Ukraina.

Melansir Reuters, Kamis (25/8/2022), Presiden AS Joe Biden menandai Hari Kemerdekaan Ukraina pada Rabu dengan bantuan keamanan senilai $3 miliar.

Itu merupakan paket bantuan terbesar Washington sejak invasi Rusia enam bulan lalu.

Namun, paket bantuan itu bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk tiba di Kyiv.

Pengumuman bantuan datang ketika pejabat AS memperingatkan bahwa Rusia tampaknya berencana untuk meluncurkan serangan baru dalam beberapa hari mendatang pada infrastruktur sipil dan fasilitas pemerintah Ukraina.

"Amerika Serikat berkomitmen untuk mendukung rakyat Ukraina saat mereka melanjutkan perjuangan untuk mempertahankan kedaulatan mereka," kata Biden dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan paket tersebut, mencatat peringatan "pahit" kemerdekaan Kyiv dari pemerintahan Soviet yang didominasi Rusia 31 tahun yang lalu.

Paket baru ini menggunakan dana dari Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (USAI) yang dialokasikan oleh Kongres untuk memungkinkan pemerintahan Biden mendapatkan senjata dari industri.

Proses tersebut dapat memakan waktu karena bukan dari stok senjata AS yang ada.

Kecepatannya tergantung pada apakah perusahaan pertahanan memiliki jalur perakitan yang sudah mengerjakan senjata, berapa banyak kapasitas yang mereka miliki dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyesuaikan jadwal jika diperlukan.