Find Us On Social Media :

Berusia 1.200 Tahun, Temuan Benda Kecil oleh Pendaki Gunung Ini Ungkapkan Makam Wanita Viking Pertama di Pegunungan Swedia dengan Tulang yang Terbakar

By K. Tatik Wardayati, Senin, 22 Agustus 2022 | 14:30 WIB

Penemuan bros kecil ini menunjukkan makam wanita Viking.

Intisari-Online.com – Para arkeolog di Swedia punya banyak alasan untuk bersemangat setelah mengetahui seorang pendaki gunung menemukan benda kecil luar biasa berusia 1.200 tahun.

Berdasarkan laporan terbaru, semuanya menunjukkan kuburan Viking wanita pertama terletak di pegunungan Swedia.

Ini menjadi penemuan unik dan mengejutkan yang diyakini memberi para ilmuwan pengetahun yang jauh lebih baik tentang Viking di daerah pegunungan Swedia.

Benda kecil ditemukan pada tahun lalu oleh pendaki gunung Eskil Nystrom yang tersandung batu.

Saat mendirikan dan mengamankan tendanya, Nystron melihat sesuatu yang aneh mencuat dari tanah.

“Pikiran pertama saya adalah saya telah menemukan ranjau, tetapi kemudian ketika saya menggali, saya merasa itu tidak mungkin,” kata Nystrom, melansir TT.

Nystrom lalu membawa pulang benda kecil itu dan bertanya-tanya, tetapi tidak ada yang tahu itu apa atau dari mana asalnya.

Satu tahun kemudian, dia berhubungan dengan museum Jamtli di kota Stersund dan memahami nilai arkeologi serta sejarah dari benda kecil yang ditemukannya itu.

Benda kecil yang ditemukan oleh pendaki gunung itu adalah bros.

“Ini adalah penemuan arkeologi yang luar biasa,” kata Anders Hansson, kepala arkeolog di Jamtli, kepada Radio Swedia (SR).

Hansson dan tim arkeologinya kemudian melakukan perjalanan ke Jamtland dan memeriksa tempat bros itu ditemukan, melansir Ancient Pages.

Di situs tersebut, para ilmuwan menemukan tulang yang terbakar, menunjukkan bahwa itu adalah pemakaman kremasi.