Find Us On Social Media :

Pilih Kasih, Ukraina yang Jelas-jelas Butuh Iron Dome Tapi Tak Dikasih, Israel Justru dengan Mudahnya Jual Kubah Besi ke Negara Ini

By Tatik Ariyani, Minggu, 21 Agustus 2022 | 13:07 WIB

Ilustrasi Iron Dome Israel

Intisari-Online.com - Sebelum Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari 2022 lalu, Ukraina sempat mencoba untuk memperoleh sistem pertahanan udara Iron Dome (Kubah Besi) Israel.

Sayangnya, upaya tersebut tidak berhasil.

Menurut portal berita Israel Ynet News, Amerika Serikat (AS) tampaknya menolak untuk menjual sistem Iron Dome ke Ukraina.

Karena AS berkontribusi pada pengembangan Iron Dome, penjualan Iron Dome kepada pihak ketiga memerlukan persetujuan kedua negara.

AS sendiri hanya memiliki dua baterai Iron dome, yang pengirimannya telah selesai pada Januari tahun lalu.

Sementara itu, Israel rupanya juga menghentikan upaya AS untuk mentransfer baterai rudal Iron Dome ke Ukraina, melansir The EurAsian Times, Rabu (16/2/2022).

Menurut beberapa media, termasuk The Times of Israel, Israel khawatir bahwa hal itu dapat membahayakan hubungannya dengan Rusia.

Sementara Ukraina tak bisa mendapatkan Iron Dome untuk melindungi wilayahnya dari serangan Rusia, Israel malah dengan mudahnya menjual Iron Dome pada negara ini.

Kementerian Pertahanan Siprus telah mencapai kesepakatan dengan Israel untuk membeli sistem pertahanan udara Iron Dome, cabang lokal dari outlet berita Kathimerini melaporkan pada hari Jumat.

Menurut surat kabar itu, kedua belah pihak telah menyelesaikan kesepakatan, meskipun baik Nicosia maupun Tel Aviv belum mengkonfirmasi secara terbuka sejauh ini.

Melansir Russian Today, Sabtu (20/8/2022), kemampuan Iron Dome dilaporkan diperiksa oleh Komandan Garda Nasional Siprus, Letnan Jenderal Dimokritos Zervakis, selama kunjungannya ke Israel pada bulan Maret.

“Selama kunjungannya ke Israel, sang jenderal akan menerima pengarahan di perbatasan utara dan akan mengunjungi baterai sistem pertahanan udara Iron Dome,” kata Angkatan Pertahanan Israel dalam sebuah pernyataan saat itu.