Find Us On Social Media :

Situasi Perang Rusia Ukraina Makin Runyam, Amerika Malah Dukung Ukraina untuk Serang Wilayah yang Dicaplok Rusia Ini, 'Tujuan Pertahanan Diri'

By Tatik Ariyani, Jumat, 19 Agustus 2022 | 09:17 WIB

Ilustrasi - Artileri senjata Ukraina.

Intisari-Online.com - Perang Rusia dan Ukraina masih berlangsung hingga kini.

Dukungan Amerika Serikat (AS) dan sekutu Baratnya pada Ukraina pun terus mengalir.

Bahkan, AS mendukung Ukraina untuk serang wilayah yang dicaplok Rusia ini.

Pada hari Kamis, Politico melaporkan bahwa AS menganggap serangan Ukraina di Krimea sebagai permainan yang adil untuk "tujuan pertahanan diri."

Politico mengutip seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dalam pemerintahan Presiden Joe Biden.

Washington tidak akan menghalangi serangan di semenanjung "jika Kyiv menganggapnya perlu," lapor outlet tersebut, melansir Russian Today, Kamis (18/8/2022).

Menurt Rusia, Krimea adalah bagian dari Ukraina merdeka dari 1991 hingga 2014 sebelum penduduk setempat memilih untuk bersatu kembali dengan Moskow.

“Kami tidak memilih target, tentu saja, dan semua yang kami sediakan adalah untuk tujuan pertahanan diri. Target apa pun yang mereka pilih untuk dikejar di tanah Ukraina yang berdaulat menurut definisi adalah pertahanan diri,” kata pejabat anonim itu.

Ditanya oleh Politico apakah pemerintahan Biden menganggap semenanjung itu sebagai wilayah Ukraina yang berdaulat, pejabat itu mengatakan: "Krimea adalah Ukraina."

Krimea memisahkan diri dari Ukraina setelah kudeta bersenjata di Kyiv pada tahun 2014 dan memberikan suara terbanyak dalam sebuah referendum untuk bergabung dengan Rusia, yang tidak diakui oleh Barat.

Seorang pejabat Ukraina mengatakan kepada outlet itu bahwa "pesan dukungan" dari pemerintahan Biden "telah sampai ke Kyiv."

Pelaporan Politico menggemakan komentar sebelumnya oleh Menteri Pertahanan Ukraina Aleksey Reznikov.