Find Us On Social Media :

Bak ‘Sebuah Kehidupan dalam Bayang-bayang’, Inilah Kisah Ratu Sirikit dari Thailand, yang Hari Ini Berulang Tahun ke-90, Sempat Jalani Operasi Plastik di Amerika Serikat

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 13 Agustus 2022 | 20:00 WIB

Ratu Sirikit dari masa ke masa.

 

Intisari-Online.com – Calon Ratu Sirikit lahir pada tanggal 12 Agustus 1932 sebagai putri Pangeran Nakkhatra Mangkala Kitiyakara dan Mom Luang Bua Snidvongs di rumah kakek dari pihak ibu.

Itu berarti genap pada hari ini, Ratu Sirikit berulang tahun yang ke-90.

Dia memiliki dua kakak laki-laki, Mom Rajawongse Kalyanakit Kitiyakara (1929-1987) dan Mom Rajawongse Adulakit Kitiyakara (1930-2004) dan seorang adik perempuan, Mom Rajawongse Busba Kitiyakara (1934).

Gelar ‘Mom Rajawongse’ diterjemahkan sebagai ‘Yang Terhormat’ dan diberikan kepada anak laki-laki yang membawa trah Mom Chao, yang berarti Yang Mulia.

Kakeknya Kitiyakara Voralaksana, Pangeran Chanthaburi I, adalah putra ke-12 Raja Chulalongkorn, juga dikenal sebagai Raja Rama V.

Sirikit dibesarkan di Istana Deves, dekat Sungai Chao Phraya di Bangkok.

Sejak umurnya empat tahun, dia bersekolah di Kindergarten College di Rajini School.

Selama Perang Pasifik, dia pindah ke Sekolah Biara Santo Fransiskus Xaverisu, yang lebih dekat ke istana.

Di akhir perang, dia dan keluarganya pindah ke Inggris karena ayahnya ditunjuk sebagai duta besar, karena itulah Sirikit menjadi fasih berbahasa Inggris dan Prancis.

Karena pekerjaan ayahnya, mereka sering berpindah-pindah, dan di Prancis inilah dia bertemu calon suaminya, Raja muda Bhumibol Adulyadej (juga dikenal sebagai Raja Rama IX) dari Thailand.

Sirikit belajar untuk menjadi pianis di Prancis, dan dia masih berusia 15 tahun.

Meski begitu, Sirikit menemani Bhumibol saat mengunjungi tempat-tempat wisata di Paris.