Find Us On Social Media :

Ingat! Meski Terasa Panas, Luka Bakar Justru Tak Boleh Disiram dengan Air Dingin Apalagi Es

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 8 Mei 2018 | 15:30 WIB

Intisari-Online.com – Jamak orang bilang, kecap bisa jadi "obat" pertolongan pertama buat luka bakar ringan. Murah dan mudah didapat, tapi benarkah? Ternyata tidak. Kecap justru memungkinkan terjadinya infeksi.

Obat pertolongan pertama untuk luka bakar ringan hanyalah siraman atau rendaman air bersih. Bagaimana kalau luka bakarnya parah, entah dari api, sengatan listrik, atau bahan kimia?

Main air basah, main api terbakar. Pepatah ini untuk mengingatkan bahwa setiap tindakan pasti ada akibatnya. Kalau main api betulan, lalu ada bagian tubuh yang terkena, risikonya menderita luka bakar.

Kalau lukanya ringan, bekas yang ditinggalkan kecil saja dan mudah ditangani. Bila berat, risikonya bisa cacat permanen hingga kematian. Luka bakar berat memerlukan perawatan lama, mungkin juga perlu operasi berkali-kali, dan biayanya besar.

Baca juga: Kebangkitan Hidup Lisa 'Face Off' Setelah 14 Tahun Hidup dengan Wajah Penuh Luka Bakar

Luka bakar menimbulkan kerusakan atau hilangnya jaringan akibat kontak dengan sumber panas dan sumber ekstra dingin (frostbite).

Ada banyak sumber panas yang dapat menimbulkan luka, seperti api, setrika yang sedang dipakai, ledakan kompor, air atau minyak panas. Sumber lainnya yaitu bahan kimia (bisa berupa asam kuat atau basa kuat) dan radiasi.

Luka bakar bisa juga terjadi akibat sengatan listrik. Namun, korban ledakan tidak dimasukkan dalam kelompok penderita luka bakar.

Air panas penyebab luka bakar masih dibedakan lagi menjadi air panas bersih dan air panas kotor. Disebut kotor bila di dalamnya terkandung bahan lain. Contohnya, kuah bakso atau soto. Kalau tak segera dibersihkan, air panas kotor bisa menjadi media tumbuh bakteri pada luka.

Jangan pakai air dingin

Yang perlu dilakukan segera setelah peristiwa yang menyebabkan terjadinya luka bakar yaitu menghentikan proses luka bakar dengan memutuskan dan menjauhkan korban dari sumber penyebabnya.

Baca juga: Selama Ini Kebiasaan Kita Salah, Luka Bakar Atau Kena Panas Jangan Diberi Pasta Gigi

Bila tersenggol knalpot panas, terciprat atau tersiram air atau minyak panas, segera siramkan air ke bagian tubuh yang terkena panas.