Find Us On Social Media :

Kemarahan China Memuncak Karena Kedatangan Nancy Pelosi ke Taiwan, China Kerahkan Jet Tempur Andalannya J-20 ke Wilayah Taiwan, Memang Apa Kelebihan Jet Tempur Ini?

By Tatik Ariyani, Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:41 WIB

Jet tempur Chengdu J-20 milik China

Intisari-Online.com - Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan China kembali meningkat setelah kunjungan ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

China pun menampilkan jet tempur siluman J-20 untuk pertama kalinya, media China melaporkan.

China merilis video yang menunjukkan jet tempur siluman J-20 berpartisipasi dalam latihan militer.

Jet siluman terbang dari lapangan terbang pada hari Selasa, dengan Beijing mengerahkan roket dan rudal untuk menggagalkan kunjungan Pelosi.

Gu Zhong, wakil kepala staf Komando Teater Timur PLA, mengatakan latihan militer melibatkan misi seperti blokade bersama, serangan laut, serangan darat, dan superioritas udara, dan penembakan senjata presisi secara langsung.

China juga mengirim 27 pesawat tempur ke zona pertahanan udara Taiwan, kata Kementerian Pertahanan Taiwan.

Kementerian menambahkan bahwa enam pesawat tempur J-11, lima pesawat tempur J-16, dan 16 jet SU-30 memasuki zona pertahanan udara.

Melansir The EurAsian Times, Rabu (3/8/2022), jet J-20 sendiri disebut-sebut sebagai penantang F-35 dan F-22 Raptor Amerika dan pertama kali masuk layanan pada tahun 2017.

Penerbangan perdananya dilakukan lebih dari satu dekade yang lalu, dan tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa perjalanan J-20 dari pengembangan hingga penempatan sangat menantang.

J-20 dibangun dan upgrade diperkenalkan dalam waktu singkat bila dibandingkan dengan saingan baratnya, F-35.

AS memilih strategi pengembangan dan pengujian air terjun yang berlarut-larut dan model mencoba persyaratan prediksi jangka panjang untuk F-35, sedangkan China lebih menyukai teknik iteratif.

Setelah penerbangan pertama J-20 pada tahun 2011, China datang dengan sembilan peningkatan visual yang signifikan dalam waktu lima tahun.