Find Us On Social Media :

Namanya Mendadak Jadi Sorotan Setelah Terpilih Jadi Presiden Sri Lanka yang Baru, Inilah Ranil Wickremesinghe, Sosok yang Rumahnya Dibakar oleh Rakyat Sri Lanka atas Kekecewaan Mereka

By May N, Rabu, 20 Juli 2022 | 17:39 WIB

Ranil Wickremesinghe, presiden baru Sri Lanka

Intisari - Online.com - Anggota parlemen Sri Lanka telah memilih perdana menteri Ranil Wickremesinghe sebagai presiden baru negara itu, meskipun dia dibenci publik Sri Lanka.

Kini, Wickremesinghe mengemban tugas berat menuntun negaranya keluar dari keruntuhan ekonomi dan mengembalikan tatanan setelah berbulan-bulan protes massal.

Dia terpilih lewat pemungutan suara mengalahkan musuhnya, Dullus Alahapperuma, dengan 134 suara mengalahkan 82 suara dalam pemungutan suara parlemen.

Melansir BBC, mantan presiden Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa, melarikan diri dari negara itu minggu lalu.

Dia menyelinap menuju Maladewa kemudian Singapura setelah ribuan pengunjuk rasa menyerang rumah dinasnya dan bangunan pemerintah lain, menyeru pengunduran dirinya.

Mereka juga meminta pengunduran diri Wickremesinghe, sekutu dekat keluarga politik Rajapaksa, yang ditunjuk menjadi perdana menteri pada Mei lalu.

Pengunjuk rasa minggu lalu membakar rumah pribadinya dan juga menyerbu kantor perdana menteri itu di Kolombo dalam demonstrasi melawan kepemimpinannya.

Rabu lalu, banyak yang mengutarakan kekecewaan dan kesedihan karena kemenangannya.

"Saya benar-benar muak dengan hasilnya... Saya tidak percaya bahwa 134 orang - anggota parlemen yang seharusnya mewakili rakyat - benar-benar mengabaikan keinginan rakyat," kata seorang aktivis Jeana De Zoysa kepada BBC.

Wickremesinghe dipandang oleh banyak orang sebagai operator politik yang cerdik yang berhasil bertahan di parlemen meskipun partainya kehilangan semua kecuali satu kursi mereka dalam pemilihan 2020.

Seorang mantan perdana menteri enam kali, ia gagal dalam dua pencalonan sebelumnya untuk kepresidenan.

Kemenangannya pada hari Rabu berarti dia akan menjalani sisa masa jabatan presiden hingga November 2024.