Find Us On Social Media :

Bak Makin Tangguh dan Tak Terkalahkan, Iron Dome yang Bertahun-tahun Melindungi Israel dari Serangan Musuh Diperkuat dengan Sistem Ini

By Tatik Ariyani, Selasa, 19 Juli 2022 | 20:25 WIB

Ilustrasi Iron Dome Israel.

Intisari-Online.com - Tampaknya, Iron Dome yang digunakan Israel untuk melindungi wilayahnya semakin tangguh.

Korps Marinir Amerika Serikat (AS) melakukan serangkaian tes menggunakan prototipe Medium-Range Intercept Capability (MRIC) dengan komponen dari sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel.

MRIC menggunakan Radar Berorientasi Tugas Darat/Udara (G/ATOR) Korps dan Sistem Komando dan Kontrol Penerbangan Umum (CAC2S) dan menggabungkan pencegat dan peluncur Tamir Iron Dome “untuk menciptakan sistem pertahanan udara yang disesuaikan dengan aset USMC yang ada dan persyaratan ekspedisi,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Israel, melansir The Jerusalem Post, Senin (18/7/2022).

Selama tes tembakan langsung di White Sands Missile Range di New Mexico pada 30 Juni, prototipe melacak setiap target dan meneruskannya melalui CAC2S ke komponen Iron Dome.

MRIC berhasil mengenai beberapa target perwakilan rudal jelajah yang diluncurkan secara bersamaan dari arah yang berbeda dan pada lintasan yang berbeda.

“Pada puncaknya, banyak target di udara, masing-masing dengan lintasan dan kecepatan penerbangan uniknya sendiri, mengelilingi prototipe MRIC. Setelah menembak, MRIC berhasil mengenai setiap target menggunakan rudal Tamir,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh Korps Marinir.

Tes tembakan langsung mengikuti tes tembakan langsung sebelumnya pada bulan Desember, ketika beberapa target diluncurkan secara berurutan; MRIC mencegat setiap target sebelum yang berikutnya ditembakkan.

Selama tes ini, beberapa target diluncurkan secara bersamaan.

“Pada puncaknya, banyak target di udara, masing-masing dengan lintasan dan kecepatan penerbangan uniknya sendiri, mengelilingi prototipe MRIC. Setelah menembak, MRIC berhasil mengenai setiap target menggunakan rudal Tamir.”

Menurut pernyataan Korps Marinir, uji tembak langsung itu “dirancang untuk memvalidasi integrasi subsistem utama dan kemampuan keseluruhan sistem untuk memberikan informasi penting kepada pimpinan Korps Marinir senior saat mereka memutuskan jalan ke depan untuk prototipe MRIC.”

Prototipe MRIC adalah salah satu sistem yang dikembangkan untuk mengatasi kesenjangan kemampuan yang muncul untuk USMC.

Mayor James Slocum, pemimpin tim Kemampuan Mencegat Jarak Menengah MRIC di PEO Land Systems, mengatakan bahwa program tersebut mengambil komponen yang telah terbukti dan mengintegrasikannya ke dalam sistem yang kompatibel dengan arsitektur Korps Marinir untuk mengembangkan kemampuan yang relevan dengan cepat.