Find Us On Social Media :

Inilah Lima Tokoh Perintis Kebangkitan Nasional dalam Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia, yang Bangkitkan Kesadaran Bangsa Indonesia Bersatu

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 19 Juli 2022 | 13:10 WIB

Lima tokoh perintis pergerakan kebangkitan nasional: Dr. Sutomo, Ir. Soekarno, Dr. Cipto Mangunkusumo, Ki Hajar Dewantara, dan Douwes Dekker.

Intisari-Online.com – Inilah lima tokoh perintis kebangkitan nasional yang membangkitkan kesadaran bangsa Indonesia bersatu dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei menandakan semangat nasionalisme bangsa Indonesia.

 Ada beberapa tokoh utama yang menginisiasi kebangkitan nasional Indonesia dalam rangka membangkitkan kesadaran bangsa Indonesi abersatu.

 Lalu, siapakah tokoh perintis kebangkitan nasional itu?

Tersebut lima tokoh perintis kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang membangkitkan kesadaran bangsa Indonesia bersatu.

Peran dan jasa-jasa tokoh perintis kebangkitan nasional itu tidak boleh kita lupakan, inilah mereka:

1. Dr. Sutomo

Lebih dikenal dengan nama Dr. Sutomo, Sutomo merupakan tokoh yang membangkitkan semangat perjuangan kemerdekaan rakyat Indonesia dengan mendirikan organisasi pemuda Budi Utomo, pada tanggal 20 Mei 1908.

2. Soekarno

Kebangkitan nasional merupakan masa bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Soekarno sebagai Bapak bangsa tentunya masuk ke dalam tokoh perintis kebangkitan nasional.

Soekarno tidak hanya memperjuangkan agar Indonesia merdeka, tetapi beliau juga seorang orator andal yang pandai memberi semangat rakyatnya.