Find Us On Social Media :

Menjadi Hal yang Biasa Terjadi Sepanjang Abad ke-20, Inilah Empat Gelombang Panas Mematikan Sepanjang Sejarah, Mulai dari Cuaca Ekstrem, Pemanasan Global, Hingga Bau Busuk Toilet

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 19 Juli 2022 | 11:05 WIB

Bau hebat yang terjadi akibat gelombang panas dan cuaca ekstrem yang pernah terjadi.

Intisari-Online.comGelombang panas semakin umum terjadi di abad ke-21, yang mempengaruhi kehidupan dan membentuk dunia di sekitar kita.

Seperti semua cuaca ekstrem, ada berbagai alasan mengapa semua ini terjadi.

Pemanasan global, fenomena alam, dan kemajuan meterologi semuanya berperan dalam menyebabkan peristiwa cuaca ekstrem di seluruh dunia.

Meskipun gelombang panas telah menjadi hal yang biasa sepanjang abad ke-20, namun ada banyak hal yang biasa kita pelajari dari tahun-tahun yang telah berlalu.

Berikut ini gelombang panas mematikan sepanjang sejarah, melansir Sky History.

1. Bencana New York, 1896

Revolusi Industri pertama berusia sekitar 50 tahun ketika gelombang panas 10 hari pada bulan Agustus yang merenggut nyawa 1.500 orang di New York.

Sebagian besar yang mengalami kematian adalah pekerja muda dari rumah petak yang penuh sesak di Lower East Side, yang bekerja di bawah terik matahari.

Inimerupakan bencana yang sebagian besar telah dilupakan, mungkin karena kelas sosial rendah yang dialami oleh korban yang malang.

Theodore Roosevelt, seorang komisaris polisi yang kemudian menjadi presiden Amerika Serikat ke-26, memimpin upaya darurat untuk membagikan es gratis kepada mereka yang paling rentan.

Roosevelt juga tidak pernah melupakan pengalamannya di gang-gang belakang yang terbakar di beberapa daerah yang terkena dampak terburuk, bahkan mungkin berdampak positif pada kehidupan masa depannya di kantor.

2. Bau Hebat - 1858