Find Us On Social Media :

'Barat Terlalu Hakimi Saddam Hussein,' Mantan Wakil Perdana Menteri Irak Ini Sebut Saddam Hussein Mungkin Juga 'Korban Sampingan' Barat untuk Kuasai Timur Tengah Seperti Muammar Gaddafi

By May N, Sabtu, 23 Juli 2022 | 09:00 WIB

Saddam Hussein, ditangkap delapan bulan setelah Agresi Militer AS ke Irak 2003, kemudian menjalankan hukuman mati pada 2006.

Intisari - Online.com - Diwawancarai oleh harian Inggris di sel penjara Irak 12 tahun yang lalu, mantan Wakil Perdana Menteri Irak, Tariq Aziz mengatakan Barat salah tentang mantan presiden Irak.

"Dia adalah orang yang akan ditunjukkan oleh sejarah untuk melayani negaranya," katanya, seraya menambahkan bahwa Irak jauh lebih buruk setelah perang.

Dia juga mengkritik mantan Presiden AS Barack Obama karena mendorong penarikan pasukan AS, dengan mengatakan dia "menyerahkan Irak kepada serigala".

Aziz adalah wajah rezim Saddam Hussein di panggung dunia selama bertahun-tahun.

Dalam wawancara pertamanya sejak ia ditangkap tak lama setelah jatuhnya Baghdad lebih dari tujuh tahun lalu, Aziz mengatakan bahwa penarikan pasukan tempur AS sebelum negara itu stabil akan mematikan bagi Irak.

"Kita semua adalah korban Amerika dan Inggris," katanya seperti dikutip.

"Mereka membunuh negara kita dengan banyak cara. Ketika Anda membuat kesalahan, Anda perlu memperbaiki kesalahan, bukan membiarkan Irak mati," ujarnya dilansir dari BBC.

Dia juga mengatakan bahwa Irak berada dalam keadaan yang jauh lebih buruk sekarang daripada ketika Saddam Hussein memimpin negara itu.

"Selama 30 tahun Saddam membangun Irak dan sekarang dihancurkan. Ada lebih banyak orang sakit daripada sebelumnya, lebih banyak kelaparan. Orang-orang tidak memiliki layanan. Orang-orang terbunuh setiap hari dalam puluhan, jika bukan ratusan.

"Saya terdorong ketika [Obama] terpilih sebagai presiden, karena saya pikir dia akan memperbaiki beberapa kesalahan Bush. Tapi Obama adalah seorang munafik. Dia menyerahkan Irak kepada para serigala."

Aziz mengklaim bahwa bahkan selama Irak dikenai sanksi yang diberlakukan PBB dan program minyak untuk makanan, negara itu stabil dan rakyat Irak diberi makan dengan benar.

"Bahkan selama masa sanksi, yang merupakan masa sulit dalam kehidupan negara mana pun, setiap hari, setiap pria, wanita dan anak-anak mengonsumsi 2.000 kalori per hari."