Find Us On Social Media :

Kisah Ratu Cleopatra Selene, Putri Cleopatra yang Terlupakan, Memerintah Kerajaan Besar Selama Dua Puluh Tahun Bersama Suaminya, Punya Koin dengan Gambarnya Sendiri

By K. Tatik Wardayati, Senin, 18 Juli 2022 | 07:00 WIB

Cleopatra Selena, putri Cleopatra yang terlupakan.

Intisari-Online.comCleopatra Selena adalah putri yang terlupakan dari Cleopatra VII yang terkenal.

Dia merupakan seorang putri Mesir dan diproklamirkan oleh Mark Antony sebagai Ratu Cyrenaica dan Libya.

Setelah kematian ibunya, Cleopatra, dia memerintah sebagai ratu Mesir bersama saudara laki-lakinya, Alexander Helios, selama dua minggu sebelum dianeksasi oleh Kekaisaran Romawi.

Dia menjadi tahanan Romawi dan tinggal di rumah tangga Kaisar Augustus.

Dia menikah dengan Juba II dari Mauretania dan memerintah bersama suaminya.

Cleopatra Selena merupakan putri Cleopatra VII dan Mark Antony.

Dia dan saudara kembarnya, Alexander Helios, lahir pada musim gugur 40 SM.

Namun, tidak sampai Cleopatra Selena berusia tiga tahun, Mark Antony, yang akhirnya berpisah dari istrinya Octavia, secara resmi mengakui si kembar sebagai miliknya di Antiokhia.

Mark Antony kemudian menganugerahkan kepada mereka nama Cleopatra Selena dan Alexander Helios.

Bukan berarti bahwa si kembar tidak memiliki nama sebelum mereka berumur tiga tahun, namun Cleopatra VII mungkin telah memberi anak-anaknya nama yang berbeda saat mereka lahir dan diberi nama ketika Mark Antony mengakui mereka.

Ketika Cleopatra Selena berusia enam tahun, dia tampil di depan publik pertama kali tercatat pada tahun 34 SM, yang dikenal sebagai Donasi Alexandria.

Dalam sebuah upacara besar, banyak orang menyaksikan Mark Antony dan Cleopatra VII duduk di singgasana emas bersama Caesarion, Cleopatra Selena, Alexander Helios, dan Ptolemy Philadelphos duduk di singgasana yang lebih kecil tepat di bawah mereka.