Find Us On Social Media :

Tak Hanya Seorang Sniper, Pangkat Brigjen J yang Tewas dalam Baku Tembak Lebih Tinggi dari Bharada E si Penembak, Seperti Inilah Urutan Pangkat Polisi Indonesia Lengkap dengan Gajinya

By Mentari DP, Rabu, 13 Juli 2022 | 09:30 WIB

Aksi baku tembak dua polisi. Seperti apa pangkat polisi Indonesia?

Intisati-Online.com - Aksi baku tembak yang melibatkan dua anggota polisi di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) menarik perhatian publik.

Sebab karena aksi baku tembak itu membuat salah satu polisi tewas.

Kejadiannya terjadi di rumah dinas Kepala Divisi Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang terletak di daerah Duren Tiga, Jakarta, Jumat (8/7/2022). 

Dilansir dari kompas.com pada Rabu (13/7/2022), kedua polisi yang terlibat dalam aksi baku tembak itu adalah Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dan Bharada E.

Brigadir J tewas adalah polisi yang tewas dalam kejadian tersebut.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, aksi baku tembak itu dipicu oleh pelecehan yang dilakukan Brigadir J kepada istri Kepala Divisi Propam Polri.

Untuk peran kedua anggota polisi itu, Ramadhan menyebutkan bahwa keduanya adalah anggota Brimob yang ditugaskan di Divisi Propam Polri. 

Brigadir J ditugaskan sebagai sopir dan orang yang melakukan pengamanan terhadap istri Ferdy Sambo, seorang jenderal bintang dua.

Sementara Bharada E adalah seorang aide de camp (ADC) atau asisten atau pengawal pribadi Ferdy Sambo.

Berdasarkan kasus di atas, berikut ini urutan pangkat polisi lengkap dengan gajinya (belum termasuk tunjangan) seperti dilansir dari kompas.com yang mengutip dari Gramedia.com pada Rabu (13/7/2022).

Kepangkatan Polisi sendiri berdasarkan golongan dan terdiri dari Perwira, Bintara, dan Tamtama.

1. Urutan pangkat polisi dan gajinya golongan I (Tamtama)