Find Us On Social Media :

Bak Gelagapan dengan Ancaman Mutlak Rusia, Amerika Mendadak Jorjoran Kerahkan Militernya ke Eropa Tingkapkan Pasukannya Sampai 100.000 Tentara, Ada Apa ?

By Afif Khoirul M, Jumat, 1 Juli 2022 | 06:55 WIB

Tentara Amerika Serikat, salah satu tentara terkuat di dunia.

Intisari-online.com - Amerika Serikat akan memiliki ekspansi militer terbesar di Eropa dalam beberapa dekade terakhir.

Termasuk kehadiran militer permanen di Polandia, membalikkan perjanjian yang ditandatangani NATO dengan Rusia pada tahun 1997.

Menurut Reuters, Presiden AS Joe Biden pada (29/6) berjanji untuk menambah lebih banyak pasukan, pesawat tempur dan kapal perang AS ke Eropa.

Ketika NATO setuju untuk memperkuat langkah-langkah pencegahan terbesarnya sejak perang sebagai tanggapan terhadap kampanye militer Rusia di Ukraina.

"Amerika Serikat akan memperkuat kehadirannya di Eropa dan menanggapi lingkungan keamanan yang berubah dan memperkuat keamanan kolektif blok itu," kata Biden dalam pertemuan dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg pada hari Selasa, (6/6) di KTT tahunan NATO di Madrid, Spanyol.

Menurut ABC News, salah satu perubahannya adalah akan ada garnisun permanen pasukan AS di Polandia.

Perubahan ini membalikkan kesepakatan yang ditandatangani NATO dengan Rusia pada tahun 1997.

Di mana kedua belah pihak tidak diizinkan untuk menempatkan angkatan bersenjata secara permanen di wilayah perbatasan.

Baca Juga: Dibiarkan Begitu Saja, Apa Dampaknya Bagi Barat Jika Rusia Dibiarkan Menang Atas Ukraina, Benarkah Akan Mengancam NATO dan Barat?

Biden juga berjanji untuk mengirim dua skuadron pesawat F35 ke Inggris, beberapa kapal perang ke Spanyol, dan lebih banyak sistem pertahanan udara ke Jerman dan Italia.

Selain itu, Presiden AS juga ingin mengirim lebih banyak senjata ke kawasan Baltik dan lebih banyak lagi pasukan AS ke Rumania.

Jumlah tentara AS di Eropa diperkirakan akan meningkat menjadi 100.000 dari 80.000 pada akhir Februari tahun ini.