Find Us On Social Media :

Disediakan Ukraina untuk Menjemput Presiden Jokowi, Beginilah Mewahnya Kereta yang Ditunggangi Presiden Indonesia ke Ukraina, Seperti Ini Penampakannya

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 29 Juni 2022 | 14:44 WIB

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menaiki kereta luar biasa menuju ke Kyiv, Ukraina. dari Polandia, Selasa (28/6/2022)

Intisari-Online.com - Sejumlah media asing tertarik untuk memberitakan rencana pertemuan Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada 30 Juni 2022 bulan ini.

Kantor Berita Rusia TASS pada Selasa (14/6/2022) memberitakan rencana Presiden Rusia Vladimir Putin akan bertemu dengan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo di Moskwa pada 30 Juni.

Namun tak hanya itu, Jokowi ternyata juga akan bertolak ke Ukraina sekaligus untuk membahas dampak ekonomi dan kemanusiaan dari invasi Moskwa.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi pada Rabu (22/6/2022).

Retno Marsudi mengatakan Presiden Jokowi akan mengunjungi Kyiv dan Moskwa setelah mewakili Indonesia sebagai negara tamu pada KTT G7 di Jerman pada 26 dan 27 Juni.

"Dalam kunjungan ke Kyiv dan Moskwa, Presiden akan bertemu dengan Presiden (Volodymyr) Zelensky dan Presiden (Vladimir) Putin," kata Retno Marsudi dalam Press Briefing secara online, Rabu.

Ini berarti Jokowi kemungkinan akan menjadi pemimpin Asia pertama yang melakukan perjalanan ke kedua negara sejak pertempuran antara Rusia dan Ukraina dimulai. 

Jokowi ke Ukraina di Tengah Perang

Kunjungan Jokowi ke Ukraina memang bukan tanpa risiko.

Kunjungan itu dilakukan di tengah perang Rusia dengan Ukraina.

Karena itu, Jokowi dikawal 39 pasukan pengamanan presiden (Paspampres) yang dilatih khusus berasal dari beberapa satuan elite TNI seperti Kopassus dan Denjaka.

Sebelum berangkat ke Ukraina, Presiden Jokowi mengatakan misi kunjungannya ke neagara yang sedang berperang itu adalah untuk mengajak Zelenskyy membuka ruang dialog untuk membangun perdamaian terkait konflik dengan Rusia.