Find Us On Social Media :

Dihormati Atas Jasanya dalam Pendirian Dinasti Han, Jenderal Ini Malah Tewas Dieksekusi Masuk Jebakan Istri Kaisar

By Khaerunisa, Selasa, 28 Juni 2022 | 17:25 WIB

Ilustrasi. Jenderal dari Dinasti Han.

Intisari-Online.com - Peng Yue menjadi salah satu jenderal yang dieksekusi pada masa pemerintahan Kaisar Liu Bang dari Dinasti Han.

Padahal, dalam pendirian Dinasti Han, ia merupakan sosok yang berjasa.

Melansir peoplepill, Peng Yue yang memiliki nama kehormatan Zhong, adalah seorang pemimpin militer dan tokoh politik terkemuka di akhir dinasti Qin dan awal dinasti Han Barat.

Ia terlibat dalam Pertikaian Chu–Han, yaitu perebutan kekuasaan antara pendiri dinasti Han, Liu Bang (Kaisar Gao), dan saingannya, Xiang Yu, di mana Peng Yue sebagai sekutu Liu Bang.

Sebagai pengakuan atas kontribusinya, Liu Bang kemudian memberikan Peng Yue gelar "Raja Liang" usai dinasti Han didirikan.

Peng Yue adalah penduduk asli Changyi (sekarang Kabupaten Jinxiang, Shandong).

Ia pada awalnya adalah seorang nelayan, kemudian setelah Pemberontakan Dazexiang pada 209 SM, Peng Yue dinominasikan oleh rekan-rekannya untuk menjadi pemimpin mereka.

Dia pun memimpin pemberontakan melawan dinasti Qin.

Baca Juga: Ratu Kejam dari Dinasti Han, Dua Jenderal Terkuat Ini bahkan Jatuh ke dalam Jebakannya hingga Tewas Dieksekusi

Baca Juga: Berusia 1.200 Tahun, Para Arkeolog Temukan Salah Satu Masjid Tertua di Gurun Israel, Berbentuk Persegi yang Bisa Tampung Lusinan Jamaah, Hidup Berdampingan dengan Pemukiman Kristen

Meski awalnya enggan memberontak, tetapi akhirnya Peng Yue akhirnya melakukannya.

Pada tahun 205 SM, Peng Yue bersekutu dengan Liu Bang dan menjadi salah satu jenderal Liu, dengan Liu Bang berjanji memberinya tanah dan gelar raja bawahan.