Find Us On Social Media :

Terseret Konflik Rusia Ukraina, Penduduk Negara Ini Ketar-ketir Setelah Rusia Mengancam, 'Kami Mungkin Lebih Takut pada Perang, Invasi'

By Tatik Ariyani, Kamis, 23 Juni 2022 | 06:15 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin

Intisari-Online.com - Selasa (21/6/2022), serangan Rusia ke Ukraina telah memasuki hari ke-118 sejak dimulai pada 24 Februari lalu.

Bukannya mereda, konflik justru semakin merembet ke negara tetangga Lituania.

Pekan lalu, Lituania mengumumkan bahwa mereka melarang transit kereta api barang yang dikenakan sanksi Uni Eropa dari daratan Rusia ke Kaliningrad.

"Bukan Lituania yang melakukan--ini sanksi Eropa yang mulai berlaku sejak 17 Juni," kata Menteri Luar Negeri Lituania Gabrielius Landsbergis kepada wartawan di Luksemburg, Senin (20/6/2022).

Menanggapi larangan itu, Rusia mengancam akan membalas Lituania yang secara terbuka membatasi transit kereta api barang-barang yang disanksi Uni Eropa ke eksklave Kaliningrad di Moskwa, yang terjepit di antara Lituania dan Polandia.

"Rusia berhak mengambil tindakan untuk melindungi kepentingan nasionalnya" jika transit kargo dari Kaliningrad ke seluruh negara melalui Lithuania tidak segera dipulihkan sepenuhnya, kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Ancaman Rusia untuk menghukum Lituania atas pemblokiran pengiriman kereta api ke wilayah kantong Rusia, Kaliningrad ini kemudian membuat gelisah para penduduk, terutama yang tinggal tepat di dekat daerah tersebut.

Mereka menaruh kepercayaan pada keanggotaan NATO untuk menggagalkan setiap potensi aksi militer.

Lituania telah menutup rute untuk pengangkutan baja dan logam besi lainnya, yang menurut mereka dilakukan di bawah sanksi Uni Eropa (UE) untuk Rusia yang mulai berlaku pada Sabtu (18/6/2022).

Hal ini meningkatkan kemarahan pejabat Rusia yang mengancam "dampak negatif yang serius" terhadap Lituania.

Pekerja asuransi Vitalijus Sidiskis, 59, mengatakan meskipun sulit untuk memprediksi apa yang mungkin dilakukan Rusia.

Dia akan mencoba tetap tenang karena keanggotaan Lituania di Uni Eropa dan NATO.