Find Us On Social Media :

Hati-hati! Jangan Asal Oles Salep Kulit saat Kulit Terasa Gatal

By Ade Sulaeman, Senin, 7 Mei 2018 | 11:45 WIB

Intisari-Online.com - Kelainan di kulit, entah penyakit atau bukan, cenderung diobati dengan sesuatu yang dioleskan. Boleh dikatakan, sebagian besar jenis obat oles ini merupakan obat bebas sehingga pasar obat jenis ini pun sangat besar.

Sayangnya, tidak cukup informasi yang baik bagaimana obat topikal yang sebagian besar berbentuk salep, lotion, atau lainnya itu harus digunakan.

Tambahan lagi, indikasi pemakaiannya tidak mudah dimengerti oleh awam. Mereka tidak bisa membedakan antara eksem, dermatitis, kurap, jamur, vitiligo, dan sebagainya.

Karena udara di Indonesia lembap dan panas, maka segala kelainan di kulit sering dianggap jamur. Padahal, banyak kelainan pada kulit bukan disebabkan jamur saja.

Baca juga: Jangan Sembarangan Mengobati Gatal

Namun, hal ini telah dimanfaatkan oleh para produsen sehingga berbagai obat jamur yang dioles di kulit menjamur di pasaran.

Banyak di antaranya digolongkan sebagai obat bebas atau bebas terbatas yang dapat dibeli tanpa resep. Akibatnya, banyak pasien menggunakan obat bebas itu dengan indikasi tidak benar.

Sebagai organ tubuh yang sensitif, reaksi kulit bisa segera terlihat dari bentuk dan warnanya. Kelainan itu dapat berupa kering, bersisik, merah, melepuh, ruam, kelainan warna, dan yang sangat mengganggu adalah rasa gatal.

Mengatasi gangguan gatal jelas bukan dengan salep antijamur. Juga, dan terutama, jangan digaruk terlalu keras. Biasanya gatal yang tidak disebabkan oleh sesuatu yang khusus akan berhenti sendiri bila tidak dirangsang.

Baca juga: Terlihat Seperti Kembang Api, Foto Menakjubkan Ini Ternyata Menunjukkan Proses Lahirnya Suatu Bintang

Sedangkan gatal akibat jamur, sebaiknya didiagnosis dulu oleh dokter. Hanya saja, diagnosis bisa saja menjadi sulit karena perubahan yang ditimbulkan olesan salep sebelumnya.

Semua orang pernah mengalami gatal yang merupakan fenomena menjengkelkan. Namun, bila kita ingin menghilangkannya dengan seketika maka tindakan alamiah menggaruk jelas strategi yang salah.

Sebab, begitu Anda menggaruk, apalagi dengan keras maka gatalnya akan meningkat.