Find Us On Social Media :

Kisah Kucing dan Tikus yang Selalu Bermusuhan

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 20 Juli 2017 | 21:15 WIB

Kisah Kucing dan Tikus yang Selalu Bermusuhan

Intisari-Online.com – Kucing dan tikus adalah musuh alami. “Melawan pada pandangan pertama” adalah kebijakan sebagian besar kucing ketika mereka menghadapi tikus. Dalam cerita-cerita, tikus telah mencoba untuk melawan kucing tapi gagal total. Tikus selalu gagal dalam melawan kucing.

Maka, sekelompok tikus mengadakan diskusi serius tentang perkelahian sia-sia mereka terhadap kucing. Kurangnya pemimpin sejati akhirnya dikemukakan sebagai alasan utama penyebab kegagalan mereka. Maka tikus memutuskan untuk membentuk pasukan yang kuat. Para prajurit tikus yang terkuat dipilih dan diberi julukan “jenderal”. Sebagai tanda adanya perbedaan, mereka dimahkotai dengan sebuah upacara. Sebuah kulit dari kacang besar menempel di kepala “jenderal” dengan menggunakan lem yang kuat dari getah pohon nangka.

Jenderal tikus yang dinobatkan itu bangga dan senang. Mereka memberi perintah pada prajurit tikus biasa dan setelah beberapa sesi pelatihan, mereka memberikan serangan besar pertama melawan kucing.

Dengan percaya diri, mereka berbaris ke depan menyerang sekelompok kucing yang sedang beristirahat di bawah pohon. Jenderal arogan yang berhias mahkota megah memimpin prajurit tikus. Kucing langsung melompat pada tikus yang mendekat dan menyerang mereka dengan tiba-tiba. Tikut pun ketakutan dan kocar-kacir. Mereka berlari ke arah yang berbeda. Tikus-tikus yang ketakutan melarikan diri dengan cepat dan masuk ke liang sempit melarikan diri dari serangan kucing.

Tetapi, “jenderal” tikus yang berlari tidak bisa masuk ke liang sempit. Mahkota di kepalanya membuatnya terjebak di pintu masuk dan mereka tidak bisa bergerak. Maka semua “jenderal” pun dibunuh dan dimakan oleh kucing yang maju dengan cepat. Mahkota besar itu akhirnya membuat roboh pemimpin sombong dan mencegahnya melarikan diri.

Mereka yang berlomba-lomba mendapatkan kekayaan, kekuasaan, posisi dan gengsi, mungkin akan banyak orang kehilangan kewarasan dan kesucian hidup. Arogansi akan membawa pada kejatuhan kita. Tetapi jika kita rendah hati, kita akan dihormati. Kesombongan akan hilang sebelum kejatuhan.