Find Us On Social Media :

Diam-diam Sambangi Istana Kepresidenan Lewat Pintu Rahasia Ini, Benarkah Kedatangan Surya Paloh Cegah Penggantian Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo?

By May N, Rabu, 15 Juni 2022 | 14:39 WIB

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat melakukan monitoring tindakan karantina di Cilegon, Sabtu (21/5/2022).

Intisari - Online.com - Isu reshuffle kabinet tengah diikuti seluruh masyarakat Indonesia, dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dipanggil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (14/6/2022) pada waktu sore hingga malam hari.

Ternyata di tengah isu ini, Jokowi dikunjungi oleh Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh yang mengunjunginya ke Istana Kepresidenan, Jakarta.

Kedatangannya untuk menemui Presiden tak diketahui oleh pers karena masuk lewat pintu Istana Merdeka di sisi sebelah barat atau Wisma Negara.

Sementara sejumlah menteri lainnya yang dipanggil mendadak pada sore hingga malam lalu itu masuk lewat pintu sebelah timur Istana Negara di Jalan Veteran III.

Ketua DPP Partai Nasdem Charles Meikyansyah saat dihubungi pers mengonfirmasi kehadiran Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh di Kompleks Istana Kepresidenan. Surya Paloh masuk dari pintu Wisma Negara.

"Itu (reshufflle) tunggu Presiden itu. Urusannya Presiden itu nanti. Saya kira, akan ada atau tidak, itu Presiden yang akan menjelaskan itu. Kan belum ada (penjelasan),” tuturnya dilansir dari Kompas.id.

Namun, Rabu (15/6/2022) pagi ini, kehadiran Surya Paloh disebut-sebut untuk membahas pergantian kabinet, terutama menyangkut menteri yang berasal dari Partai Nasdem.

"Ya kayaknya begitu (menentukan) sehingga Menteri Pertanian Pak Syahrul Yasin Limpo yang sejak dua hari lalu disebut-sebut akan diganti, enggak jadi. Sementara yang diganti jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang serta Menteri Perdagangan,” ujar sumber Kompas di lingkaran Istana.

Sebelumnya pada Selasa kemarin, Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad H Wibowo juga mengungkapkan rumor PAN akan mendapatkan amanat satu menteri dan satu wakil menteri di kabinet juga muncul.

"Nama Ketum (Ketua Umum PAN), Bang Zul (Zulkifli Hasan), juga sering disebut akan masuk kabinet kembali,” tuturnya.

Catatan Kompas, baik Surya Paloh maupun pengurus Partai Nasdem selama ini selalu menyatakan tidak akan ada reshuffle kabinet.

Alasannya, pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin membutuhkan soliditas untuk mempersiapkan pergantian pemerintah setelah Pemilu 2024.