Find Us On Social Media :

Bukan Senjata Amerika Atupun Ukraina, Justru Senjata Norwegia Inilah yang Dituduh Mampu Tenggelamkan Kapal Perang Paling Canggih Milik Rusia, Sehebat Apa Kemampuannya ?

By Afif Khoirul M, Minggu, 12 Juni 2022 | 06:55 WIB

Kapal perang Rusia Moskva ditenggelamkan Ukraina dengan rudal kecil ini, 'hadiah' untuk Vladimir Putin

Intisari-online.com - Menurut Asia Times, tersangka utama Moskow milik Armada Laut Hitam Rusia mungkin bukan senjata dari AS, Ukraina, atau Turki, tetapi rudal dari Norwegia.

Pada 14 April, kapal penjelajah berpeluru kendali Rusia, Moskow, terkena rudal dan kemudian tenggelam di Laut Hitam, menurut Asia Times.

Ukraina kemudian mengklaim telah menjatuhkan Moskow dengan dua rudal R-360 Neptune karena awak kapal penjelajah Rusia pada saat itu "terganggu" karena harus melacak satu atau lebih drone.

Unggulan armada Laut Hitam Rusia

Moskow adalah kapal perang modern yang dibangun di kota Nikolayev, Ukraina, pada 1979.

Kapal penjelajah kelas Slava bertugas di Angkatan Laut Soviet hingga 1990.

Setelah itu, sistemnya diperbarui dan kapal itu diperbarui, ditugaskan pada 2000 sebagai unggulan Laut Hitam Rusia armada.

Moskow memiliki sistem pertahanan udara dan rudal yang canggih termasuk S-300F (SA-N-6) sistem pertahanan rudal dan udara jarak jauh, dan OSA (SA-N-4) sistem pertahanan udara jarak pendek.

Sampai saat ini tidak ada bukti bahwa Moskow meluncurkan rudal atau menembakkan senjata apapun ketika diserang.

Kemungkinan AS tidak terlibat

Pada 14 April, Moskow beroperasi sekitar 85 km dari Sevastopol.

Sekitar waktu serangan di Moskow, sebuah pesawat pengintai P-8 Poseidon Amerika beroperasi di dekat kapal induk Rusia di pangkalan Sigonella, (Pulau Sisilia, Italia).