Find Us On Social Media :

Roman Abad Pertengahan Paling Populer di India, Inilah Kisah Cinta Putri Sanyogita dan Raja Delhi Pemberani, yang Berani ‘Gondol’ Sang Putri Saat Upacara Memilih Suami di Istana Ayahnya

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 4 Juni 2022 | 09:15 WIB

Kisah cinta Putri Sanyogita dan Prithviraj Chauhan, Raja Delhi.

Intisari-Online.comPutri Sanyogita adalah putri Raja Jaichand dari Kannauj (di India modern).

Dia jatuh cinta dengan Prithviraj Chauhan, Raja Delhi, karena telah mendengar tentang keberaniannya dan ingin menikah dengannya.

Sayangnya, ayahnya tidak menyukai Prithviraj Chauhan karena dia menolak menerima Jaichand sebagai penguasa tertinggi dan sebagai Kaisar.

Sejak hari itu Jaichand menganggap Prithviraj Chauhan sebagai musuhnya.

Jaichand ingin mengatur swayamvar untuk putrinya, yang merupakan kebiasaan di mana para putri diizinkan untuk memilih suami mereka sendiri dari antara Pangeran dan Raja yang paling memenuhi syarat.

Akibat permusuhan antara Jaichand dan Prithviraj Chauhan, Prithviraj Chauhan tidak diundang ke swayamvar, tetapi dia tahu bahwa Sanyogita mencintainya dan ingin menikah dengannya.

Dia juga telah mendengar tentang kecantikan dan kebijaksanaan Putri Sanyogita dan ingin menjadikannya pengantinnya.

Maka, dia menyusun rencana untuk berada di Kannauj pada hari swayamvar.

Dia menyamar sebagai pelayan penyair paling terpelajar dan bijaksana di istananya dan meminta teman penyairnya untuk menyamar sebagai orang terpelajar dari Delhi.

Beberapa hari sebelum swayamvar keduanya, bersama dengan beberapa tentara yang menyamar sebagai penunggang kuda dan kusir, mencapai Kannauj.

Mereka pergi ke pengadilan Jaichand untuk memberikan penghormatan.

Meskipun mereka berasal dari Kerajaan musuhnya, Jaichand menerima mereka dengan hormat dan meminta untuk menerima keramahannya dan menjadi tamunya, tetapi setelah melihat pelayan Jaichand, dia bisa tahu dari tingkah lakunya bahwa dia bukan pelayan biasa.