Find Us On Social Media :

Mulai Terang-terangan Enggan Membantu, Polandia Kini Hentikan Pasokan Bahan Bakar Gratis ke Ukraina, Buat Negara Itu Harus Bayar Bahan Bakar dari Negara Tetangganya

By May N, Selasa, 31 Mei 2022 | 14:42 WIB

Pengungsi Ukraina yang melarikan diri dari negaranya

Intisari - Online.com - Warsawa telah menghentikan pasokan bahan bakar gratis ke Ukraina, kata menteri iklim dan lingkungan Polandia dalam sebuah wawancara dengan situs web BiznesAlert pada hari Senin.

“Pada awal perang dan setelah pengeboman kilang, kami mengirim bahan bakar gratis.

"Saat ini, ini adalah pasokan komersial dari Orlen [pengilangan minyak Polandia], membutuhkan komitmen logistik yang besar,” kata Anna Moskwa.

Menteri menjelaskan bahwa pasar Polandia tetap menjadi prioritas, dan bahwa perusahaan energi di Ukraina sedang mengatasi situasi tersebut.

“Biasanya pengiriman ini melalui pipa, jadi kami harus membuat saluran pasokan baru.

"Kami menerapkannya secara berkelanjutan, mempertahankan prioritas pasokan pasar Polandia, " kata Mokwa, menambahkan: "Pasokan kami adalah respons terhadap krisis, tetapi sektor ini terorganisir dengan baik, jadi ada potensi pasar di sana."

Sementara itu, infrastruktur yang rusak akibat perang dan gangguan pada industri penyulingan minyak di Ukraina telah mengakibatkan kekurangan bahan bakar, menurut laporan media.

Pengemudi dilaporkan terpaksa menunggu berjam-jam di SPBU.

Pekan lalu, pemerintah menangguhkan peraturan negara tentang harga bahan bakar motor di tengah kelangkaan bensin dan solar yang semakin meningkat.

Selama percakapan telepon minggu lalu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Volodymyr Zelensky mengangkat masalah pasokan bahan bakar ke Ukraina di antara topik lainnya, termasuk prospek menerima bahan bakar dari Uni Emirat Arab.

Tetap kirimkan bantuan militer

Meski begitu, Polandia tetap kirimkan bantuan militer ke Ukraina.