Find Us On Social Media :

Bak ‘Dikirim dari Surga’ untuk Kendalikan Banjir dan Kerja Tanpa Lelah untuk Rakyatnya, Inilah Kisah Kaisar Yu, Seekor Naga Kuning Lakukan Hal Ini untuk Membantunya Ketika Bersihkan Jalur Sungai

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 31 Mei 2022 | 13:00 WIB

Kaisar Yu, bak 'dikirim dari surga' untuk kendalikan banjir.

Intisari-Online.com – Nama belakang Kaisar Yu adalah Si dan nama aslinya adalah Wenming.

Dia hidup pada abad ke-21 SM dan dikenal sebagai salah satu kaisar paling berbudi luhur dalam sejarah China.

Dia mewarisi kebajikan ‘bekerja untuk makhluk hidup tetapi tidak untuk diri sendiri’ dari kaisar sebelumnya Yao dan Shun.

Dia juga sangat menghormati yang ilahi dan surga, bekerja untuk mengendalikan banjir, dan mengajarkan prinsip-prinsip moral rakyatnya.

Pencapaiannya begitu banyak dan jasanya begitu besar hingga orang mengatakan bahwa dia dikirim oleh surga untuk mengendalikan banjir dan menyelamatkan orang.

Oleh karena itu banyak yang memanggilnya ‘Yu yang Agung’ atau ‘Tuhan Yu’.

Pada masanya, banjir menyebabkan bencana besar di China, membuat banyak orang kehilangan rumah dan hidup dalam kesengsaraan.

Kaisar pada waktu itu adalah Shun, yang kemudian mendengar seorang pemuda bernama Yu sangat cerdas dan pekerja keras, sehingga dia memerintahkan Yu untuk memimpin proyek pengendalian banjir.

Yu segera mengumpulkan orang-orang yang memiliki pengetahuan untuk membantunya.

Yu adalah seorang yang sangat rendah hati, selalu menghargai saran orang lain, sehingga dia menerima banyak saran dan memutuskan untuk membangun saluran untuk mengendalikan banjir bandang.

Dia sendiri mendaki banyak gunung, melakukan perjalanan melalui banyak hutan, dan menyeberangi banyak sungai untuk mengamati jalur yang diambil air menuju ke laut.

Yu sendiri dengan setia memuja surga dan upacaranya selalu formal dan khidmat.