Find Us On Social Media :

Tak Terima Negara Eropa Ini Bantu AS Menangkap Kapal Mereka, Iran Hadang dan Tangkap Kapal Minyak dari Negara Eropa Ini, Curigai Aksi AS Jual Minyak di Tengah Sanksi untuk Rusia

By May N, Sabtu, 28 Mei 2022 | 14:59 WIB

Kapal tanker berlabuh di Teluk Persia

Intisari - Online.com - Tentara Iran menangkap dua kapal tanker minyak yang mengibarkan bendera Yunani di Teluk Persia pada hari Jumat, sementara Teheran memprotes penyitaan salah satu kapalnya sendiri di perairan Yunani awal pekan ini, menyebutnya sebagai "pembajakan" AS.

Washington dilaporkan berencana untuk menjual kargo minyak kapal, yang disita di bawah sanksi yang menargetkan Rusia.

Pasukan Angkatan Laut Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) menggunakan helikopter untuk menaiki kapal tanker Delta Poseidon dan Prudent Warrior pada hari Jumat, pemantau industri Lloyd's List melaporkan.

Kapal-kapal itu “kemudian dikawal oleh kapal angkatan laut dari jalur lalu lintas internasional ke perairan Iran beberapa mil di lepas pantai,” menurut sumber yang sama.

Kementerian Luar Negeri Yunani mengkonfirmasi penyitaan kedua kapal tersebut dan menuntut pembebasan mereka.

Media Iran juga mengkonfirmasi penangkapan kapal-kapal itu, memperjelas bahwa itu adalah pembalasan terhadap tindakan pemerintah di Athena.

Lebih dari 25% kapal tanker dunia mengibarkan bendera Yunani.

“Republik Islam telah memutuskan untuk mengambil tindakan hukuman terhadap Yunani setelah menyita sebuah kapal tanker Iran dan membiarkan pemerintah AS menyita minyak mentahnya,” lapor Nour News, sebuah outlet yang berafiliasi dengan IRGC.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Iran telah memanggil duta besar Swiss – yang mewakili kepentingan AS di Teheran – untuk memprotes penyitaan kapal tanker Pegas berbendera Iran di perairan Yunani pada hari Rabu.

“Republik Islam menyatakan keprihatinan yang mendalam atas pelanggaran terus menerus pemerintah AS terhadap hukum internasional dan konvensi maritim internasional,” menurut kantor berita negara IRNA.

Organisasi Pelabuhan dan Maritim Iran mengatakan kapal tanker itu telah mencari perlindungan di sepanjang pantai Yunani dari cuaca buruk setelah mengalami masalah teknis, dan menyebut penyitaan kargonya sebagai "contoh nyata pembajakan."

Sementara pemerintah AS tidak secara resmi berkomentar, Reuters melaporkan pada hari Kamis bahwa Washington berencana untuk membawa minyak ke AS dengan kapal lain, mengutip tiga sumber yang mengetahui masalah tersebut.