Find Us On Social Media :

Peninggalan Sejarah Kerajaan Tarumanegara Sebagai Sumber Sejarah

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 28 Mei 2022 | 14:05 WIB

Prasasti Ciaruteun, salah satu peninggalan Kerajaan Tarumanegara.

Intisari-Online.comPeninggalan sejarah kerajaan Tarumanegara menjadi bukti keberadaan Kerajaan Tarumanegara.

Yang kita ketahui peninggalan kerajaan Tarumanegara sebagai sumber sejarah kerajaan Tarumanegara adalah tujuh prasasti dan beberapa arca.

Sebenarnya bukti keberadan Kerajaan Tarumanegara sebagai sumber sejarah kerajaan dapat diketahui melalui sumber-sumber yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Sumber dari dalam negeri berupa tujuh buah prasasti batu yang ditemukan empat di Bogor, satu di Jakarta, dan satu di Lebak Banten.

Dari prasasti-prasasti tersebut diketahui bahwa kerajaan dipimpin oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 M dan beliau memerintah sampaitahun 382 M.

Makam Rajadirajaguru Jayasingawarman berada di sekitar sungai Gomati (wilayah Bekasi).

Kerajaan Tarumanegara ini diketahui merupakan kelanjutan dari Kerajaan Salakanagara.

Sementara, sumber-sumber dari luar negeri yang berasal dari berita China, yaitu antara lain:

-Berita Fa-Hsien, tahun 414 dalam bukunya Fa-Kao-Chi mengisahkan bahwa di Ye-po-ti hanya sedikit dijumpai orang-orang yang beragama Buddha, yang banyak adalah orang-orang yang beragama Hindu dan sebagian masih animisme.

-Berita Dinasti Sui, menceritakan bahwa tahun 528 dan 535 telah datang utusan dari To-lo-mo yang terletak di sebelah selatan.

-Berita Dinasti Tang, menceritakan bahwa tahun 666 dan 669 telah datang utusan dari To-lo-mo.

Dari tiga berita di atas para sejarawan menyimpulkan bahwa istilah To-lo-mo secara fonetis penyesuaian kata-katanya sama dengan Tarumanegara.