Find Us On Social Media :

Ingin Menang Sendiri, Larang Negara-negara Sekutunya Beli Minyak dari Rusia, Uni Eropa Ketahuan Masih Borong Minyak dan Gas Negara Itu, Kini Buru-buru Jelaskan Absennya Embargo Minyak Rusia

By May N, Selasa, 24 Mei 2022 | 16:13 WIB

Masih borong minyak dan gas Rusia, Uni Eropa harus jelaskan ini kepada dunia

Intisari - Online.com - Presiden Komisi Eropa mengatakan negara-negara Uni Eropa terus membeli minyak Rusia meskipun berjanji untuk sepenuhnya mengurangi ketergantungan energi pada Rusia untuk mencegahnya menjual minyak mentah di tempat lain dengan harga yang lebih tinggi, seperti dilansir dari RT.

Penjelasan itu muncul setelah pembawa acara MSNBC Mika Brzezinski menekan Ursula von der Leyen tentang mengapa UE tidak memberlakukan embargo penuh, selama wawancara pada hari Senin.

Von der Leyen meyakinkan Brzezinski bahwa tujuan jangka panjang blok itu adalah untuk berhenti membeli bahan bakar fosil Rusia dan menggantinya dengan alternatif seperti energi terbarukan atau gas alam cair yang dipasok AS.

Dia mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin telah membuat kesalahan ketika dia memerintahkan serangan terhadap Ukraina, karena dia "kehilangan klien terbaiknya, Eropa."

"Kami tidak akan pernah kembali," katanya.

Pembawa acara TV bertanya-tanya apakah embargo penuh terhadap perdagangan minyak dengan Rusia akan menjadi “cara paling efektif untuk memaksakan [Putin] bahwa dia telah melakukan kegagalan strategis”.

Von der Leyen mengatakan UE harus menemukan “keseimbangan yang tepat” antara menyakiti Putin dengan sanksi dan tidak terlalu merugikan dirinya sendiri dalam prosesnya.

“Jika kita segera memotong – seolah-olah hari ini – minyak, dia mungkin bisa membawa minyak yang tidak dia jual ke Uni Eropa ke pasar dunia, di mana harga akan naik, dan menjualnya lebih banyak, dan mengisi peti perangnya,” von der Leyen menjelaskan.

Dia mengakui bahwa "seluruh dunia" harus bergabung dengan AS dan sekutunya dalam menghindari Rusia agar skenario yang sama tidak berhasil di masa depan.

Sejauh ini, sebagian besar ekonomi global, termasuk konsumen energi besar seperti China dan India, menolak untuk mendukung sanksi anti-Rusia.

Tuan rumah MSNBC menyarankan UE harus berpikir sekarang tentang menerapkan strategi decoupling yang sama ke China, menyarankan Beijing dapat "mempersenjatai" perdagangan dengan UE.

Von der Leyen mengatakan hubungan energi UE-Rusia adalah "unik" dan mengatakan "yang lain mengamati dengan cermat apakah kita akan memenangkan" pertarungan ekonomi melawan Rusia.